Rahmadani, Kurniati (2021) Kontribusi Bimbingan Karir, Pengalaman Prakerin dpan Guru Pembimbing terhadap Kesiapan Kerja Peserta Didik di SMK N 2 Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_KURNIATI_RAHMADANI_17138023_5213_2021.pdf [thumbnail of B1_1_KURNIATI_RAHMADANI_17138023_5213_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_KURNIATI_RAHMADANI_17138023_5213_2021.pdf
Download (2MB)
Abstract
Masalah dalam penelitian ini yaitu 1) Kurangnya relevansi materi pelajaran
di sekolah dengan implementasinya di dunia industri, 2) Instruktur DU/DI hanya
memberikan pengarahan mengenai apa yang perlu dikerjakan di lapangan, tanpa
adanya bimbingan secara langsung, 3) Kurang memadainya bimbingan karir yang
diterima peserta didik di sekolah. Para siswa hanya memperoleh sedikit informasi
berkaitan dengan program keahlian yang dipilihnya, 4) Guru pembimbing hanya
sebatas memonitoring siswa ke tempat Prakerin, tanpa adanya memberikan
penguatan dan pengarahan yang optimal kepada peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Kontribusi bimbingan karir dengan
kesiapan kerja murid di SMK N 2 Padang, 2) Mengetahui kontribusi pengalaman
prakerin dengan kesiapan kerja murid di SMK N 2 Padang, 3) Mengetahui
kontribusi guru pembimbing dengan kesiapan kerja murid di SMK N 2 Padang, 4)
Mengetahui kontribusi bimbingan karir Prakerin dan guru pembimbing secara
bersama-sama dengan kesiapan kerja murid di SMK N 2 Padang. Jenis penelitian
ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian korelasional.
Penelitian ini dilakukan di SMK N 2 Padang. Populasi penelitian ini adalah siswa
kelas XII di SMK N 2 Padang.
Teknik pengambilan sampel dengan teknik proporsional random sampling,
dengan jumlah sampel sebanyak 83 orang siswa. Teknik analisis data yang
digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian,
didapatkan bahwa data normal, linier dan tidak terjadi multikolinieritas. Hasil
penelitiannya yaitu: 1)Terdapat kontribusi bimbingan karir terhadap kesiapan kerja
siswa di SMK N 2 Padang, 2) Terdapat kontribusi pengalaman prakerin terhadap
kesiapan kerja siswa di SMK N 2 Padang, 3) Terdapat kontribusi guru pembimbing
terhadap kesiapan kerja siswa di SMK N 2 Padang, 4) Bimbingan Karir Pengalaman
Prakerin dan Guru Pembimbing secara bersama-sama memberikan hubungan
positif terhadap kesiapan kerja siswa di SMK N 2 Padang sebesar 78,0%.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Karir, Pengalaman Prakerin, Guru Pembimbing, Kesiapan Kerja |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 24 Mar 2025 01:33 |
Last Modified: | 24 Mar 2025 01:33 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4392 |