Rambe, Sri Gustina (2022) Efektivitas Layanan Informasi dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Bahaya Penyalahgunaan Narkoba. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_SRI_GUSTINA_RAMBE_20151036_5391_2022.pdf [thumbnail of B1_01_SRI_GUSTINA_RAMBE_20151036_5391_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_SRI_GUSTINA_RAMBE_20151036_5391_2022.pdf
Download (371kB)
Abstract
Pemahaman siswa yang rendah tentang bahaya penyalahgunaan narkoba
akan mendorong siswa untuk melakukan perilaku menyimpang karena anggapan
yang salah mengenai narkoba, rasa ingin tahu/ coba-coba, keingintahuan yang
besar untuk mencoba, tanpa sadar atau berfikir panjang mengenai akibatnya.
Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang
bahaya penyalahgunaan narkoba adalah dengan layanan informasi. Penelitian ini
bertujuan untuk menguji efektivitas layanan informasi dengan menggunakan
pendekatan contextual teaching and learning untuk meningkatkan pemahaman
siswa tentang bahaya penyalahgunaan narkoba.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah
Quasi Experiment dengan rancangan Pretest-Posttest Control Group Design.
Subjek penelitian adalah siswa SMA N 5 Padang dan subjek dipilih menggunakan
teknik Purposive Sampling. Instrumen penelitian digunakan dengan model Skala
Likert, kemudian data dianalisis dengan menggunakan Wilcoxon Signed Ranks
Test dan Kolmogorov-Smirnov Two Independent Sampel dengan bantuan SPSS
versi 22.00.
Temuan dari penelitian ini yakni: (1) terdapat perbedaan yang signifikan
pemahaman siswa tentang bahaya penyalahgunaan narkoba pada kelompok
eksperimen sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi dengan pendekatan
contextual teaching and learning, (2) terdapat perbedaan pemahaman siswa
tentang bahaya penyalahgunaan narkoba pada kelompok kontrol sebelum dan
sesudah diberikan layanan informasi tanpa pendekatan contextual teaching and
learning, dan (3) terdapat perbedaan pemahaman siswa tentang bahaya
penyalahgunaan narkoba pada kelompok eksperimen yang diberikan layanan
informasi dengan pendekatan contextual teaching and learning dengan kelompok
kontrol yang diberikan layanan informasi tanpa pendekatan contextual teaching
and learning. Perbedaan dapat dilihat dari hasil posttest kelompok eksperimen
yang lebih tinggi dari pada hasil posttest kelompok kontrol. Temuan penelitian ini
dapat disimpulkan bahwa layanan informasi dengan pendekatan contextual
teaching and learning lebih efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa
tentang bahaya penyalahgunaan narkoba.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PEMAHAMAN SISWA TENTANG BAHAYA PENYALAHGUNAAN NARKOBA, LAYANAN INFORMASI |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2 |
Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
Date Deposited: | 24 Mar 2025 01:33 |
Last Modified: | 24 Mar 2025 01:33 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4390 |