Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Learnig Tipe Jigsaw dan Motivasi Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Perubahan Sifat Benda Bagi Siswa Kelas V SD N Gugus III Kecamatan Talamau Pasaman barat

Elvita, Desma (2019) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Learnig Tipe Jigsaw dan Motivasi Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Perubahan Sifat Benda Bagi Siswa Kelas V SD N Gugus III Kecamatan Talamau Pasaman barat. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_DESMA_ELVITA_15170004_1098_2019.pdf] Text
B1_01_DESMA_ELVITA_15170004_1098_2019.pdf

Download (515kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari masalah rendahya pemahaman konsep siswaterhadap pembelajara IPA terutama pada materi perubaha sifat benda di gugus IIITalamau Pasaman Barat.Pemahaman Konsep siswa SDN gugus III KecamatanTalamaumasih rendah. Hal ini terjadi karena siswamasih terfokus pada carabelajar yang diajarkan guru dan belum bisa megemukakan ide-ide sendiri apalagiuntuk mengajari teman-temannya.. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untukmengatasi permasalahan tersebut adalah dengan penerapan model pembelajarancooperative learning tipe jigsaw.Jenis penelitian ini adalahQuasi Experiment.Penelitian ini bertujuan untukmelihat pengaruh model pembelajaran coopeative learning tipe jigsaw danmotivasi belajar terhadap pemahaman konsep perubahan sifar benda pada siswaSD. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas V gugus III SDN KecamatanTalamau Pasaman Barat Tahun Pelajaran 2018/2019. Sampel penelitian ini yaitusiswa kelas V di SDN 18 Talamau sebagai kelas eksperimen dan siswa Kelas Vdi SDN 10 Talamau sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalampenelitian ini adalah menggunakan angket yang mengukur pengalaman motivasidan hasil tes pemahaman konsep. Analisis data dilakukan menggunakan uji t danuji Anova dua arah.Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh beberapakesimpulan, yaitu: Pemahaman konsep siswa yang diajar dengan modelpembelajaran cooperative learning tipe jigsaw lebih baik daripada siswa yangdiajar dengan pembelajaran konvensional. Hal ini juga berlaku untuk siswabermotivasi tinggi dan rendah. Pemahaman konsep siswa yang memiliki motivasitinggi yang diajar dengan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsawjuga lebih baik dari siswa yang memiliki motivasi tinggi yang diajar denganpembelajaran konvensional, Pemahaman konsep siswa yang memiliki motivasirendah yang diajar dengan model pembelajaran cooperative learning tipejigsawjuga lebih baik dari siswa yang memiliki motivasi rendah yang diajardengan pembelajaran konvensional, dan tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw dengan motivasi belajar dalam mempengaruhi Pemahaman konsep siswa.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw; Motivasi Belajar; Pemahaman Konsep
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Wiwi Sartika S.Sos
Date Deposited: 30 Jan 2025 08:47
Last Modified: 30 Jan 2025 08:47
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/439

Actions (login required)

View Item
View Item