Pengembangan Game Interaktif dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Anak di Taman Kanak-Kanak.

Gusmayanti, Sri (2023) Pengembangan Game Interaktif dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Anak di Taman Kanak-Kanak. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_SRI_GUSMAYANTI_20330081_5883_2023.pdf] Text
B1_01_SRI_GUSMAYANTI_20330081_5883_2023.pdf

Download (295kB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan yang
harus dikembangkan dalam diri anak usia dini, karena pemecahan masalah
merupakan salah satu aspek yang terdapat dalam ranah perkembangan kognitif.
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di TK Lillah
diperoleh hasil rendahnya kemampuan pemecahan masalah anak yaitu sebesar
40% . Penelitian ini bertujuan untuk untuk menghasilkan game Interaktif untuk
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada anak usia dini yang valid,
dan efektif.. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan model
pengembangan Borg & Gall, Gall hanya dilakukan 9 dari 10 tahapan yang
dikembangkan. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket
untuk uji validitas, dan efektifitas. Berdasarkan identifikasi tujuan instruksional,
maka dibutuhkan game interaktif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan
masalah pada anak usia 5-6 tahun. Berdasarkan uji efektivitas kelas B1 diperoleh
skor N-Gain 0,58 dan pada kelas B2 diperoleh skor N-Gain 0,52, hal ini
menunjukkan bahwa pengembangan game interaktif efektif untuk meningkatkan
pemecahan masalah anak di Taman Kanak-Kanak Lillah. Kemudian berdasarkan
hasil paired samples t-test diperoleh nilai sig (2 tailed) sebesar 0.000˂0.05
dengan a=0.05, artinya ada perbedaan nilai rata rata lebih tinggi antara nilai
posttest dan pretest pemecahan masalah anak pada uji efektifitas yang dilakukan.
Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan hasil uji kelas sedang
dengan menggunakan game interaktif menunjukkan bahwa game interaktif
efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah anak
usia dini.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: GAME INTERAKTIF, KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH, ANAK TAMAN KANAK-KANAK
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Guru PAUD-S2
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 24 Mar 2025 01:33
Last Modified: 24 Mar 2025 01:33
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4388

Actions (login required)

View Item
View Item