Peningkatan Proses dan Hasil Belajar Kognitif Pembelajaran IPA Peserta Didik dengan Pendekatan Rational Inquiry di Kelas III SD Pembangunan Air Tawar UNP Padang

Satria, Erwinsyah (2012) Peningkatan Proses dan Hasil Belajar Kognitif Pembelajaran IPA Peserta Didik dengan Pendekatan Rational Inquiry di Kelas III SD Pembangunan Air Tawar UNP Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_ERWINSYAH_SATRIA_91810_226_2013.pdf] Text
B1_1_ERWINSYAH_SATRIA_91810_226_2013.pdf

Download (219kB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan diperoleh informasi bahwa pembelajaran
IPA peserta didik kelas III SD Pembangunan Air Tawar UNP Padang belum
memuaskan. Salah satu penyebabnya adalah kemampuan guru masih belum cukup
efektif dalam memilih dan menggunakan pendekatan atau metode yang tepat.
Penerapan pendekatan Rational Inquiry dalam pembelajaran IPA merupakan salah
satu alternatif untuk meningkatkan proses dan hasil belajar kognitif IPA peserta
didik di kelas III.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas, yang dilakukan
secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Penelitian dilakukan dalam dua siklus,
dimana masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan,
dan refleksi. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik yang
terlibat langsung dalam pembelajaran. Ada dua data dalam penelitian ini, yaitu
data pengamatan terhadap aktivitas guru dalam melaksanakan pendekatan
Rational Inquiry dan data kemampuan peserta didik dalam proses dan hasil belajar
kognitif IPA. Teknik pengumpulan data dikumpulkan melalui lembar observasi,
dan tes, sedangkan analisa data dilakukan dengan menggunakan model analisis
kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Rational
Inquiry dapat meningkatkan pembelajaran IPA peserta didik kelas III SD
Pembangunan Air Tawar UNP Padang. Peningkatan ini terlihat pada
perkembangan kemampuan guru dalam (1) perencanaan pembelajaran yang lebih
baik pada RPP dari siklus I ke siklus II, (2) pelaksanaan pembelajaran, dari nilai
rata-rata 58.46 % pada siklus I menjadi 71.28 % pada siklus II, dan peningkatan
kemampuan peserta didik dalam (1) proses, nilai rata-rata 68.44 % pada siklus I
menjadi 88.18 % pada siklus II, (2) hasil belajar kognitif IPA, nilai rata-rata kelas
54.59 % pada siklus I menjadi 74.09 % pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa
pendekatan Rational Inquiry dapat meningkatkan proses dan hasil belajar kognitif
pembelajaran IPA peserta didik kelas III SD Pembangunan Air Tawar UNP
Padang. Peningkatan proses terlihat pada proses yang diamati yaitu mengamati,
mengelompokkan, mengukur, mengkomunikasikan, memprediksi, menafsirkan,
hubungan ruang dan waktu, dan hubungan angka

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 24 Mar 2025 01:33
Last Modified: 24 Mar 2025 01:33
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4387

Actions (login required)

View Item
View Item