Perbedaan Motivasi dan Kepuasan Mengikuti Prakerin Berdasarkan Bidang Keahlian serta Implikasinya dalam Penyusunan Program BK Karier

Zagötö, Sri Florina Laurence (2017) Perbedaan Motivasi dan Kepuasan Mengikuti Prakerin Berdasarkan Bidang Keahlian serta Implikasinya dalam Penyusunan Program BK Karier. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_SRI_FLORINA_LAURENCE_ZAGOTO_1309193_1032_2017.pdf] Text
B1_01_SRI_FLORINA_LAURENCE_ZAGOTO_1309193_1032_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di tempat
Praktik Kerja Industri (Prakerin), seperti ditemukannya siswa yang kurang
bersemangat, kurang bertanggung jawab, tidak disiplin, kurang inisiatif, tidak
memiliki jiwa kompetensi, serta tidak mendapatkan praktik kerja yang sesuai
dengan bidang keahliannya yang mengakibatkan motivasi dan kepuasan siswa
rendah mengikuti Prakerin. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1)
motivasi siswa yang mengikuti Prakerin sesuai bidang keahlian dan tidak sesuai
bidang keahlian, (2) kepuasan siswa yang mengikuti Prakerin sesuai bidang
keahlian dan tidak sesuai bidang keahlian, (3) perbedaan motivasi antara siswa
yang mengikuti Prakerin sesuai bidang keahlian dan tidak sesuai bidang keahlian,
(4) perbedaan kepuasan antara siswa yang mengikuti Prakerin sesuai bidang
keahlian dan tidak sesuai bidang keahlian, serta (5) program BK karier SMK
Swasta Kristen BNKP Telukdalam dalam meningkatkan motivasi dan kepuasan
siswa mengikuti Prakerin.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis deskriptif
komparatif dan metode kualitatif. Populasi penelitian berjumlah 225 siswa kelas
XII SMK Swasta Kristen BNKP Telukdalam. Jumlah sampel 176 siswa yang
dipilih melalui teknik purposive sampling dan informan dalam metode kualitatif
adalah guru BK. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala motivasi dan
skala kepuasan mengikuti Prakerin berbentuk angket, sedangkan instrumen dalam
pendekatan kualitatif adalah peneliti. Analisis data menggunakan uji persyaratan
normalitas, uji hipotesis dengan teknik t-test, serta analisis hasil wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) motivasi siswa yang mengikuti
Prakerin sesuai bidang keahlian secara umum berada pada kategori sangat tinggi,
sedangkan motivasi siswa yang tidak sesuai bidang keahlian berada pada kategori
rendah, (2) kepuasan siswa yang mengikuti Prakerin sesuai bidang keahlian secara
umum berada pada kategori sangat tinggi, sedangkan kepuasan siswa yang tidak
sesuai bidang keahlian berada pada kategori rendah, (3) terdapat perbedaan yang
signifikan antara motivasi siswa yang mengikuti Prakerin sesuai bidang keahlian
dan tidak sesuai bidang keahlian, (4) terdapat perbedaan signifikan antara
kepuasan siswa yang mengikuti Prakerin sesuai bidang keahlian dan tidak sesuai
bidang keahlian, serta (5) Program BK Karier SMK Swasta Kristen BNKP
Telukdalam belum maksimal, sehingga diperlukan kerja sama berbagai pihak
untuk menyusun dan mengembangkan program yang dapat meningkatkan
motivasi dan kepuasan siswa mengikuti Prakerin.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MOTIVASI, KEPUASAN, PRAKERIN, BIDANG KEAHLIAN
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 21 Mar 2025 08:21
Last Modified: 21 Mar 2025 08:21
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4385

Actions (login required)

View Item
View Item