Erpidawati, Erpidawati (2012) Kontribusi Motivasi Kerja dan Sikap Inovatif Terhadap Kinerja Profesional Guru SD Negeri Kecamatan Danau Kembar Kabupaten Solok. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_ERPIDAWATI_19002_5461_2012.pdf [thumbnail of B1_1_ERPIDAWATI_19002_5461_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_ERPIDAWATI_19002_5461_2012.pdf
Download (567kB)
Abstract
Fenomena yang ditemui di lapangan bahwa sebagian guru kurang mampu
berinteraksi dengan siswa dalam melaksanakan proses belajar mengajar, guru
dalam mendidik dan mengajar serta mendidik siswa kurang memperhatikan bakat
dan tingkat kemampuan siswa, kurangnya kemampuan guru dalam menguasai
materi atau bahan ajar, sebagian guru kurang kreatif dalam mengelola program
pembelajaran, sebagian guru kurang menyediakan waktu dan kesempatan dalam
membina siswa yang mengalami kesulitan belajar. Tujuan penelitian adalah 1)
Kontribusi motivasi kerja terhadap kinerja profesional guru SD Negeri Kecamatan
Danau Kembar Kabupaten Solok, 2) kontribusi sikap inovatif terhadap kinerja
profesional guru SD Negeri Kecamatan Danau Kembar Kabupaten Solok dan 3)
Kontribusi motivasi kerja dan sikap inovatif secara bersama-sama terhadap kinerja
profesional guru SD Negeri Kecamatan Danau Kembar Kabupaten Solok.
Jenis penelitian adalah kuantitatif korelasional, populasi dan sampel
adalah seluruh guru SD yang berstatus PNS di Kecamatan Danau Kembar
Kabupaten Solok sebanyak 129 orang. Teknik pengambilan sampel stratified
proporsional random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 75 orang.
Instrumen penelitian menggunakan angket dengan model skala Likert.. Analisis
data secara deskripsi data, uji persyaratan analisis dan pengujian hipotesis yang
diolah dengan menggunakan komputer SPSS versi 17.
Hasil penelitian ini mengambarkan bahwa,Motivasi kerja guru
berkontribusi terhadap kinerja profesional guru SD Negeri Kecamatan Danau
Kembar Kabupaten Solok dengan besaran kontribusi sebesar 24,9%, ini berarti
bahwa motivasi kerja yang baik yaitu adanya sikap tekun dalam bekerja,
bersemangat, penuh kegairahan dan bertanggung jawab dalam menjalankan tugas
disekolah. Secara deskriptif dapat digambarkan bahwa kinerja profesional guru di
SD Kecamatan Danau Kembar Kabupaten Solok berada pada kategori sedang
(75,8% dari skor ideal), motivasi kerja berada pada kategori baik (78,27% dari
skor ideal) dan sikap inovatif berada pada kategori cukup (79,0% dari skor
ideal).Sikap inovatif berkotribusi terhadap kinerja profesional guru SD Kecamatan
Danau Kembar Kabupaten Solok dengan besaran sebesar 16,8%. Ini berarti
dengan adanya sikap inovatif yang kondusif terhadap kinerja profesional guru, ini
berarti bahwa semakin tinggi sikap inovatif maka semakin tinggi pula kinerja
profesional guru, dan begitu juga sebaliknyaMotivasi kerja dan sikap inovatif
secara bersama-sama berkontribusi terhadap kinerja profesional guru sebesar
30,6%. Hal ini menjelaskan bahwa untuk meningkatkan kinerja profesional guru
yang baik dan ideal sebaiknya dilakukan melalui peningkatan motivasi kerja dan
sikap inovatif dalam melaksanakan tugas akan meningkatkan kinerja profesional
guru secara.
ii
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 21 Mar 2025 08:21 |
Last Modified: | 21 Mar 2025 08:21 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4384 |