Devita, Ernia (2012) Kontribusi Pengembangan Diri dan Iklim Komunikasi terhadap Kepuasan Kerja Guru SMP Negeri di Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_ERNIA_DEVITA_80782_5104_2012.pdf [thumbnail of B1_1_ERNIA_DEVITA_80782_5104_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_ERNIA_DEVITA_80782_5104_2012.pdf
Download (147kB)
Abstract
Berdasarkan pengamatan awal ditemukan bahwa kepuasan kerja guru
SMP Negeri di Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat cenderung masih
rendah. Apabila masalah ini dibiarkan terus, dikhawatirkan semangat kerja mereka akan
terus berkurang, mereka tidak termotivasi lagi untuk berbuat yang terbaik bagi kemajuan
pendidikan, dengan demikian tujuan pendidikan tidak akan dapat diwujudkan. Fenomena
ini diduga disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain kurangnya usaha
pengembangan diri guru dan kurang baiknya iklim komunikasi. Oleh sebab itu
perlu dilakukan penelitian untuk menguji kebenarannya.
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengungkapkan kontribusi kedua faktor
tersebut terhadap kepuasan kerja guru Sekolah Menengah Pertama Negeri di
Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Tiga hipotesis diuji dalam
penelitian ini, pertama, pengembangan diri berkontribusi terhadap kepuasan kerja
guru, kedua, iklim komunikasi berkontribusi terhadap kepuasan kerja guru, dan
ketiga pengembangan diri dan iklim komunikasi secara bersama-sama
berkontribusi terhadap kepuasan kerja guru.
Populasi penelitian ini adalah guru-guru SMP Negeri di Kecamatan Kinali
Kabupaten Pasaman Barat yang berjumlah 118 orang. Sampel sebesar 52 orang
diambil dengan teknik stratified proportional random sampling. Data
dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang telah teruji kehandalan dan
kesahihannya. Hipotesis pertama dan kedua masing-masing diuji dengan teknik
korelasi dan regresi sederhana, sedangkan hipotesis ketiga dengan teknik korelasi
dan regresi ganda
Hasil analisis menunjukkan bahwa ketiga hipotesis secara empiris
diterima, yaitu: pengembangan diri dan iklim komunikasi, secara sendiri maupun
bersama-sama berkontribusi terhadap kepuasan kerja guru di SMP Negeri
Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Temuan Penelitian ini menunjukkan
bahwa pengembangan diri berkontribusi 15,8% terhadap kepuasan kerja. Iklim
Komunikasi berkontribusi 10,2% terhadap kepuasan kerja guru. Secara bersamasama
pengembangan diri dan iklim komunikasi berkontribusi 21,7% terhadap
kepuasan kerja.
Pengembangan diri dan iklim komunikasi adalah dua faktor penting dan
signifikan mempengaruhi kepuasan kerja guru, di samping faktor-faktor lain yang
tidak bisa diabaikan, yang juga mungkin berkontribusi terhadap kepuasan kerja
guru SMP Negeri di Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman barat.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 21 Mar 2025 08:14 |
Last Modified: | 21 Mar 2025 08:14 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4380 |