Efektivitas Konseling Kelompok Cognitive Behavior Therapy dengan Teknik Restrukturisasi Kognitif untuk Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik Peserta Didik

Dayanti, Sri Fani (2023) Efektivitas Konseling Kelompok Cognitive Behavior Therapy dengan Teknik Restrukturisasi Kognitif untuk Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik Peserta Didik. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_SRI_FANI_DAYANTI_20151035_5518_2023.pdf] Text
B1_01_SRI_FANI_DAYANTI_20151035_5518_2023.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perilaku prokrastinasi akademik merupakan kegiatan yang sering dilakukan peserta
didik dalam mengerjakan tugas. Fenomena yang terjadi pada peserta didik di SMKN 3
Padang terkait dengan kebiasaan dalam mengerjakan tugas yaitu masih banyak peserta
didik yang menunda-nunda mengerjakan tugas, mencontek tugas teman, mengerjakan PR
disekolah atau di sela-sela mata pelajaran yang lain serta terlambat dalam mengumpulkan
tugas. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis perbedaan perilaku prokrastinasi
akademik peserta didik kelompok eksperimen sebelum dan sesudah mengikuti konseling
kelompok cognitive behavior therapy dengan teknik restrukturisasi kognitif, (2)
menganalisis perbedaan perilaku prokrastinasi akademik peserta didik kelompok kontrol
sebelum dan sesudah mengikuti konseling kelompok yang biasa digunakan guru-guru BK
di sekolah, (3) menganalisis efektivitas konseling kelompok cognitive behavior therapy
dengan teknik restrukturisasi kognitif untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik
peserta didik.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini
adalah Quasi Experiment Design dengan rancangan pretest posttest control group design.
Populasi dalam penelitian ini sebanyak 192 siswa, dan diambil 20 siswa yang dibagi
menjadi 10 siswa untuk kelompok eksperimen dan 10 siswa untuk kelompok kontrol.
Penarikan sampel yang digunakan Simple Random Sampling. Instrumen penelitian yang
digunakan model Skala Likert.
Penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan yang signifikan perilaku
prokrastinasi akademik peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti konseling kelompok
cognitive behavior therapy dengan teknik restrukturisasi kognitif, (2) terdapat perbedaan
yang signifikan perilaku prokrastinasi akademik peserta didik sebelum dan sesudah
mengikuti konseling kelompok yang biasa digunakan guru-guru BK di sekolah, (3)
terdapat efektivitas konseling kelompok cognitive behavior therapy dengan teknik
restrukturisasi untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik peserta didik. Sehingga
penelitian ini dapat dijadikan bahan masukan sebagai dasar bagi guru BK/Konselor dalam
memberikan konseling kelompok cognitive behavior therapy dengan teknik
restrukturisasi kognitif dalam upaya mengatasi dan mencegah perilaku prokrastinasi
akademik peserta didik

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK, KONSELING KELOMPOK, COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY, RESTRUKTURISASI KOGNITIF
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 21 Mar 2025 08:14
Last Modified: 21 Mar 2025 08:14
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4379

Actions (login required)

View Item
View Item