Dayanti, Sri Fani (2023) Efektivitas Konseling Kelompok Cognitive Behavior Therapy dengan Teknik Restrukturisasi Kognitif untuk Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik Peserta Didik. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
B1_01_SRI_FANI_DAYANTI_20151035_5518_2023.pdf
Download (1MB)
Abstract
Perilaku prokrastinasi akademik merupakan kegiatan yang sering dilakukan peserta 
didik dalam mengerjakan tugas. Fenomena yang terjadi pada peserta didik di SMKN 3 
Padang terkait dengan kebiasaan dalam mengerjakan tugas yaitu masih banyak peserta 
didik yang menunda-nunda mengerjakan tugas, mencontek tugas teman, mengerjakan PR 
disekolah atau di sela-sela mata pelajaran yang lain serta terlambat dalam mengumpulkan 
tugas. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis perbedaan perilaku prokrastinasi 
akademik peserta didik kelompok eksperimen sebelum dan sesudah mengikuti konseling 
kelompok cognitive behavior therapy dengan teknik restrukturisasi kognitif, (2) 
menganalisis perbedaan perilaku prokrastinasi akademik peserta didik kelompok kontrol 
sebelum dan sesudah mengikuti konseling kelompok yang biasa digunakan guru-guru BK 
di sekolah, (3) menganalisis efektivitas konseling kelompok cognitive behavior therapy
dengan teknik restrukturisasi kognitif untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik 
peserta didik.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini 
adalah Quasi Experiment Design dengan rancangan pretest posttest control group design. 
Populasi dalam penelitian ini sebanyak 192 siswa, dan diambil 20 siswa yang dibagi 
menjadi 10 siswa untuk kelompok eksperimen dan 10 siswa untuk kelompok kontrol. 
Penarikan sampel yang digunakan Simple Random Sampling. Instrumen penelitian yang 
digunakan model Skala Likert.
Penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan yang signifikan perilaku 
prokrastinasi akademik peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti konseling kelompok 
cognitive behavior therapy dengan teknik restrukturisasi kognitif, (2) terdapat perbedaan 
yang signifikan perilaku prokrastinasi akademik peserta didik sebelum dan sesudah 
mengikuti konseling kelompok yang biasa digunakan guru-guru BK di sekolah, (3) 
terdapat efektivitas konseling kelompok cognitive behavior therapy dengan teknik 
restrukturisasi untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik peserta didik. Sehingga 
penelitian ini dapat dijadikan bahan masukan sebagai dasar bagi guru BK/Konselor dalam 
memberikan konseling kelompok cognitive behavior therapy dengan teknik 
restrukturisasi kognitif dalam upaya mengatasi dan mencegah perilaku prokrastinasi 
akademik peserta didik
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK, KONSELING KELOMPOK, COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY, RESTRUKTURISASI KOGNITIF | 
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2 | 
| Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP | 
| Date Deposited: | 21 Mar 2025 08:14 | 
| Last Modified: | 21 Mar 2025 08:14 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4379 | 
         