Peningkatan Pembelajaran Tematik dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) di Kelas III SDN 03 Bidar Alam Kecamatan Sangir Jujuan Kabupaten Solok Selatan

Ermayulita, Ermayulita (2014) Peningkatan Pembelajaran Tematik dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) di Kelas III SDN 03 Bidar Alam Kecamatan Sangir Jujuan Kabupaten Solok Selatan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_ERMAYULITA_19818_484847_2014.pdf] Text
B1_1_ERMAYULITA_19818_484847_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilaksanakan di kelas III SD Negeri
03 Bidar Alam Kecamatan Sangir Jujuan Kabupaten Solok Selatan menunjukkan
pembelajaran tematik dilaksanakan secara konvensional. Untuk itu diadakan
penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk memperbaiki proses
pembelajaran tematik, yang pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar
peserta didik di kelas, dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD di kelas
III SD Negeri 03 Bidar Alam Kabupaten Solok Selatan.
Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan
pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Proses ini merupakan proses daur ulang atau
siklus yang dimulai dari aspek mengembangkan perencanaan, tindakan sesuai
dengan rencana, melakukan pengamatan terhadap tindakan dan melakukan
refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik yang berjumlah 24 orang.
Penelitian ini dilaksanakan tiga siklus, masing-masing siklus dua kali pertemuan.
Hasil penelitian dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD dapat
meningkatkan pembelajaran tematik di kelas III SD Negeri 03 Bidar Alam
Kecamatan Sangir Jujuan Kabupaten Solok Selatan. Pada siklus I, rata-rata nilai
peserta didik pada mata pelajaran IPA 68,54, Matematika 76,25, Bahasa
Indonesia 68,54, berada pada kualifikasi nilai kurang. Pada siklus II, rata-rata nilai
peserta didik dalam mata pelajaran IPA 84,79, Matematika 83,75, dan Bahasa
Indonesia 83,54. Berdasarkan nilai di atas pembelajaran pada siklus II mengalami
peningkatan dari siklus I dengan kualifikasi baik. Pada siklus III, rata- rata nilai
peserta didik dalam mata pelajaran IPA 88,54, Matematika 93,13, dan Bahasa
Indonesia 87,29. Berdasarkan nilai yang diperoleh pada pembelajaran siklus III
terjadi peningkatan hasil pembelajaran siklus III dibanding siklus I dan II dengan
kualifikasi sangat baik. Dengan demikian pembelajaran tematik dapat
ditingkatkan dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 21 Mar 2025 08:06
Last Modified: 21 Mar 2025 08:06
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4369

Actions (login required)

View Item
View Item