Amri, Khairul (2014) Peningkatan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Melalui Layanan Bimbingan Kelompok. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_KHAIRUL_AMRI_1103711_2714_2014.pdf [thumbnail of B1_1_KHAIRUL_AMRI_1103711_2714_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_KHAIRUL_AMRI_1103711_2714_2014.pdf
Download (3MB)
Abstract
Berdasarkan hasil wawancara dengan beberapa orang guru mata pelajaran dan siswa,
terungkap bahwa banyak siswa jika diberi kesempatan untuk mengemukakan pendapat dan
cara mengemukakan pendapatnya itu tidak sopan, berbicara kasar kadang-kadang
menyakitkan hati guru, suka membantah pembicaraan guru atau teman. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui gambaran peningkatan kemampuan mengemukakan pendapat
melalui layanan bimbingan kelompok. Secara khusus tujuan penelitian ini untuk
mendeskripsikan tentang: (1) Perbedaan kemampuan siswa mengemukakan pendapat
sebelum dan sesudah mendapatkan perlakuan layanan bimbingan kelompok pada kelompok
eksperimen. (2) Perbedaan kemampuan siswa mengemukakan pendapat sebelum dan sesudah
mendapatkan perlakuan layanan informasi pada kelompok kontrol. (3) Perbedaan
kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat antara kelompok eksperimen (diberikan
layanan bimbingan kelompok) dan kelompok kontrol (diberikan layanan informasi) sesudah
mendapatkan perlakuan.
Metodologi dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan penelitian quasi
ekpserimen memakai rancangan pretest dan posttest control group design. Dua kelompok
dipilih menggunakan purposive sampling yaitu pada siswa kelas X SMA N 3
Padangsidimpuan. Masing-masing kelompok terdiri dari 10 siswa. Layanan bimbingan
kelompok dengan penerapan pada kelompok eksperimen sedangkan pada kelompok kontrol
diterapkan layanan konvensional. Pada kelompok eksperimen diadakan bimbingan kelompok
selama 5 kali pertemuan. Data tentang kemampuan mengemukakan pendapat diukur dengan
instrumen model skala likert. Data dianalisis dengan menggunakan Wilcoxson Signed Ranks
Test dan Kolmogorov-Smirnov Two Sampel dengan bantun SPSS versi 20.00.
Temuan penelitian membuktikan bahwa secara umum layanan bimbingan kelompok
efektif untuk meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat secara khusus: (1)
Terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan siswa mengemukakan pendapat
sebelum dan sesudah mendapatkan perlakuan layanan bimbingan kelompok pada kelompok
eksperimen dengan skor Z= 2.805 dengan signifikansi 0.005. (2) Tidak terdapat perbedaan
yang signifikan antara kemampuan siswa mengemukakan pendapat sebelum dan sesudah
mendapatkan perlakuan layanan bimbingan kelompok pada kelompok kontrol skor Z= 2.666
dengan signifikansi 0.008. (3) Terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan siswa
dalam mengemukakan pendapat antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, sesudah
mendapatkan perlakuan layanan bimbingan kelompok dengan Z= 1.730. dan signifikansi
0.05.
Berdasarkan temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa Bimbingan Kelompok dapat
meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat. Hal ini menunjukan bahwa bimbingan
kelompok dalam pelaksanaannya dapat memberikan kontribusi dan pembeda dalam
memberikan perlakuan kepada siswa. Penelitian ini masih terdapat kekurangan karena
keterbatasan sampel yang masih di satu sekolah, harapan peneliti adalah ada peneliti lanjutan.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Kelompok, Mengemukakan Pendapat |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 21 Mar 2025 07:58 |
Last Modified: | 21 Mar 2025 07:58 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4368 |