Anuar, Khairil (2011) Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Pengetahuan Awal terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Tapung. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_KHAIRIL_ANUAR_51922_3608_2012.pdf [thumbnail of B1_1_KHAIRIL_ANUAR_51922_3608_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_KHAIRIL_ANUAR_51922_3608_2012.pdf
Download (127kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) perbedaan antara hasil
belajar Pendidikan Agama Islam kelompok siswa yang diajar dengan pendekatan
pembelajaran kotekstual dan dengan menggunakan pendekatan konvensional; (2)
perbedaan antara hasil belajar Pendidikan Agama Islam kelompok siswa dengan
pengetahuan awal tinggi yang diajar dengan menggunakan pendekatan
pembelajaran kontekstual dengan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan
pendekatan konvensional; (3) perbedaan antara hasil belajar Pendidikan Agama
Islam kelompok siswa dengan pengetahuan awal rendah yang diajar dengan
menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual dan hasil belajar siswa yang
diajar dengan menggunakan pendekatan konvensional; (4) interaksi antara
pendekatan pembelajaran dan pengetahuan awal terhadap hasil belajar siswa.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri
4 Tapung yang terdiri dari 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan
menggunakan teknik Random Sampling. Dari pengacakan diperoleh kelas VII.2
sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.3 sebagai kelas kontrol dan kelas VII.1
sebagai kelas uji coba. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimen dengan desain
penelitian faktorial 2x2, dan diselenggarakan pada semester II tahun pelajaran
2010/2011. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes
objektif dan praktek. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t dan Anava.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Hasil belajar siswa yang diajar
dengan menggunakan pendekatan kontekstual lebih tinggi dari hasil belajar siswa
yang diajar dengan pendekatan konvensional, 2) Hasil belajar kelompok siswa
dengan pengetahuan awal tinggi yang diajar dengan pendekatan kontekstual lebih
tinggi dari pada hasil belajar siswa dengan pengetahuan awal tinggi yang diajar
dengan pendekatan konvensional, 3) Hasil belajar kelompok siswa dengan
pengetahuan awal rendah yang diajar dengan pendekatan kontekstual lebih tinggi
dari pada hasil belajar siswa dengan pengetahuan awal rendah yang diajar dengan
pendekatan konvensional, dan 4) tidak terdapat interaksi antara penggunaan
pendekatan pembelajaran dan pengetahuan awal dalam mempengaruhi hasil
belajar. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan proses
pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual dalam Pendidikan
Agama Islam cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 21 Mar 2025 07:53 |
Last Modified: | 21 Mar 2025 07:53 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4364 |