Pengaruh Penggunaan Media Gambar dan Pengetahuan Awal Terhadap Hasil Belajar Kewarganegaraan Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 001 Rawang Kawo Kabupaten Siak

Khairani, Khairani (2010) Pengaruh Penggunaan Media Gambar dan Pengetahuan Awal Terhadap Hasil Belajar Kewarganegaraan Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 001 Rawang Kawo Kabupaten Siak. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_KHAIRANI_10761_3115_2012.pdf] Text
B1_1_KHAIRANI_10761_3115_2012.pdf

Download (94kB)

Abstract

Identifikasi masalah di Sekolah Dasar 001 Rawang Kawo menunjukkan
pola pembelajaran berpusat pada guru, hasil belajar siswa yang kurang dari
Kriteria Ketuntasan Minimal. Perlu dilakukan upaya pengembangan
pembelajaran yang inspiratif, inovatif, menantang, menyenangkan dan
memotivasi dan dapat memberikan respons positif belajar kepada siswa untuk
meningkatkan proses dan hasil belajar.
Masalah dalam penelitian ini adalah “apakah terdapat perbedaan hasil
belajar siswa yang menggunakan pembelajaran media gambar daripada siswa
yang belajar dengan cara konvensional?”.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh pembelajaran
media gambar terhadap hasil belajar. Empat hipotesis yang diuji dalam penelitian
ini adalah: (1) siswa yang belajar dengan media gambar memperoleh hasil belajar
lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan cara konvensional, (2) siswa yang
mempunyai kemampuan awal tinggi yang belajar dengan media gambar
memperoleh hasil belajar lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan cara
konvensional (3) siswa yang mempunyai kemampuan awal rendah yang belajar
dengan media gambar memperoleh hasil belajar lebih tinggi daripada siswa yang
belajar dengan cara konvensional (4) interaksi antara pengetahuan awal dengan
penggunaan media gambar terhadap hasil belajar.
Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan disain penelitian
faktorial 2x2, type non-Equivalent Control Group Design. Penelitian ini
dilakukan di Sekolah Dasar 001 Rawang Kawo semester genap tahun 2009-2010.
Sampel diambil dengan cara Porpusive random sampling. Data penelitian
dikumpulkan melalui pretest dan postest. Data dianalisis dengan uji t dan analisis
varian.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (a) hasil belajar siswa yang
belajar menggunakan media gambar lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang
belajar secara konvensional, (b) hasil belajar siswa yang memiliki kemampuan
awal tinggi yang belajar dengan menggunakan media gambar lebih tinggi
daripada hasil belajar siswa yang belajar dengan cara konvensional, (c) hasil
belajar siswa yang memiliki pengetahuan awal rendah yang belajar menggunakan
media gambar lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang belajar dengan cara
konvensional, dan (d) tidak terdapat interaksi antara pengetahuan awal dengan
menggunakan media gambar terhadap hasil belajar Kewarganegaran siswa.
Implikasi penelitian ini terhadap metode pembelajaran adalah bagaimana suatu
pembelajaran dirancang dengan menggunakan media gambar sehingga dapat
mempermudah pemahaman siswa dalam menerima materi

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 21 Mar 2025 07:46
Last Modified: 21 Mar 2025 07:46
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4361

Actions (login required)

View Item
View Item