Ermawati, Ermawati (2012) Komitmen Guru Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi dan Pengawasan oleh Kepala Sekolah Dasar di Kecamatan Canduang Kabupaten Agam. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_ERMAWATI_19020_5523_2012.pdf [thumbnail of B1_1_ERMAWATI_19020_5523_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_ERMAWATI_19020_5523_2012.pdf
Download (118kB)
Abstract
Komitmen guru merupakan salah satu faktor yang sangat menentukan keberhasilan
pelaksanaan pembelajaran di sekolah. Berdasarkan pengamatan awal terhadap beberapa guru
Sekolah Dasar di Kecamatan Canduang Kabupaten Agam, terindikasi bahwa komitmen guru
masih rendah. Fenomena ini diduga berhubungan erat dengan faktor Motivasi Berprestasi dan
Pengawasan Oleh Kepala Sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah faktor Motivasi Berprestasi dan
Pengawasan Oleh Kepala Sekolah berkontribusi terhadap komitmen guru. Hipotesis yang
diajukan dalam penelitian ini adalah: 1) motivasi berprestasi berkontribusi terhadap komitmen
guru, 2) pengawasan oleh kepala sekolah berkontribusi terhadap komitmen guru, 3) motivasi
berprestasi dan pengawasan oleh kepala sekolah secara bersama-sama berkontribusi terhadap
komitmen guru.
Penelitian ini dilakukan pada sekolah dasar di Kecamatan Canduang Kabupaten Agam.
Populasi penelitian berjumlah 139 orang guru sekolah dasar. Sampel penelitian sebanyak 78
orang diseleksi dengan menggunakan teknik Stratified Proportional Random Sampling dengan
mempertimbngkan strata tingkat pendidikan dan masa kerja. Instrumen yang digunakan untuk
mengumpulkan data adalah angket dengan model skala Likert. Kemudian data dianalisis
menggunakan teknik korelasi dan regresi dengan program Monas versi 11 (c) 2007.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa ketiga hipotesis yang diajukan telah teruji dan
signifikan. Variabel Motivasi Berprestasi berkontribusi sebesar 8,6% terhadap Komitmen
Guru,variabel Pengawasan oleh Kepala Sekolah berkontribusi sebesar 7,4% terhadap Komitmen
guru. Secara bersama-sama kedua variabel bebas berkontribusi sebesar 13,4 % terhadap
Komitmen Guru. Skor tingkat pencapaian Komitmen Guru adalah cukup, Motivasi Berprestasi
adalah baik. Sedangkat skor tingkat pencapaian Pengawasan oleh Kepala Sekolah terhadap
Komitmen Guru cukup. Kedua variabel Motivasi Berprestasi dan Pengawasan oleh Kepala
Sekolah merupakan dua variabel predikator terhadap Komitmen Guru SD di Kecamatan
Canduang Kabupaten Agam.
Hasil penelitian ini mempunyai implikasi bahwa untuk meningkatkan Komitmen guru
SD di Kecamatan Canduang Kabupaten Agam dapat dilakukan melalui peningkatan motivasi
berprestasi dan pengawasan oleh kepala sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 21 Mar 2025 07:46 |
Last Modified: | 26 Mar 2025 01:40 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4359 |