Kontribusi Motivasi Kerja dan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah terhadap Profesional Guru SMP Negeri di Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan

Iskandar, Andi (2013) Kontribusi Motivasi Kerja dan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah terhadap Profesional Guru SMP Negeri di Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_ANDI_ISKANDAR_99998_5581_2013.pdf] Text
B1_1_ANDI_ISKANDAR_99998_5581_2013.pdf

Download (469kB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan dilapangan, teramati bahwa masih rendahnya
Profesional guru SMP Negeri di Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan.
Peneliti menduga motivasi kerja guru dan kepemimpinan transformasional kepala
sekolah berkontribusi terhadap Profesional guru pada SMP Negeri di Kecamatan
IV Kabupaten Pesisir Selatan, oleh karena itu perlu dilakukan penelitian untuk
menguji kebenarannya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan besarnya kontribusi
motivasi kerja guru terhadap Profesional guru, kontribusi kepemimpinan
transformasional kepala sekolah terhadap Profesional guru dan kontribusi
motivasi kerja dan kepemimpinan transformasional kepala sekolah secara
bersama-sama terhadap Profesional guru SMP Negeri di Kecamatan IV Jurai
Kabupaten Pesisir Selatan. Hipotesis yang diuji dalam penelitian ini adalah: 1)
Motivasi kerja berkontribusi terhadap Profesional guru, 2) Kepemimpinan
transformasional berkontribusi terhadap Profesional guru, 3) Motivasi kerja dan
kepemimpinan transformasional secara bersama-sama berkontribusi terhadap
Profesional guru.
Populasi penelitian ini adalah 179 guru SMP Negeri di Kecamatan IV
Jurai Kabupaten Pesisir Selatan. Dengan sampel penelitian berjumlah 73 orang
yang dipilih dengan menggunakan teknik stratified proportional random
sampling. Data penelitian dikumpulkan dengan angket model skala Likert yang
telah diuji kesahihan dan kehandalannya. Data dianalisis dengan teknik korelasi
dan regresi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Motivasi kerja berkontribusi
terhadap Profesional guru sebesar 27,4%. 2) Kepemimpinan transformasional
berkontribusi terhadap Profesional guru sebesar 10,3%. 3) Motivasi kerja dan
kepemimpinan transformasional secara bersama-sama berkontribusi terhadap
Profesional guru sebesar 34,3%.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 21 Mar 2025 07:45
Last Modified: 21 Mar 2025 07:45
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4356

Actions (login required)

View Item
View Item