Pengembangan Bahan Ajar Membaca Intensif Menggunakan Strategi Know - I Want to - Learned (KWL) Chart di Kelas VI Sekolah Dasar

Kurniati, Silvia (2017) Pengembangan Bahan Ajar Membaca Intensif Menggunakan Strategi Know - I Want to - Learned (KWL) Chart di Kelas VI Sekolah Dasar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_SILVIA_KURNIATI_15124061_3299_2017.pdf] Text
B1_01_SILVIA_KURNIATI_15124061_3299_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan adanya masalah yang dihadapi
peserta didik dalam pembelajaran membaca intensif di kelas VI Sekolah Dasar.
Beberapa permasalahan yang ditemukan adalah, bahan ajar yang digunakan belum
memuat tahapan membaca yang semestinya, bahan ajar belum dikembangkan
secara maksimal. Hal tersebut menyebabkan guru harus mampu mengembangkan
bahan ajar sebagai sarana dalam membantu proses pembelajaran yang dapat
meningkatkan keterampilan membaca intensif peserta didik. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengembangkan bahan ajar sehingga menghasilkan bahan ajar
membaca intensif yang valid, praktis, dan efektif.
Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan. Penelitian menggunakan
model ADDIE (Analysis, Design, Development, implementation, Evaluation). Data
penelitian ini berupa uji validitas, diperoleh melalui lembar validasi RPP dan Bahan
Ajar. Data kepraktisan diperoleh melalui lembar observasi keterlaksanaan RPP
serta angket respon guru dan peserta didik. Data keefektifan dilihat dari aktivitas
dan penilaian keterampilan membaca intensif peserta didik.
Berdasarkan uji validitas diperoleh data bahwa persentase RPP 81,4%
dengan kategori sangat valid dan persentase bahan ajar 95,5% dengan kategori
sangat valid. Hasil uji praktikalitas dari keterlaksanaan RPP dengan persentase
92.9% dengan kategori sangat praktis, persentase angket respon guru 93.3% dengan
kategori sangat praktis, dan persentase angket respon peserta didik 93% dengan
kategori sangat praktis. Hasil penilaian keterampilan membaca intensif peserta
didik berada pada kategori sangat tinggi. Berdasarkan data yang telah dijabarkan,
bahan ajar membaca intensif menggunakan staregi KWL Chart di kelas VI Sekolah
Dasar yang dikembangkan dapat dinyatakan valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: BAHAN AJAR, MEMBACA INTENSIF, STRATEGI KWL CHART, MODEL ADDIE
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 21 Mar 2025 07:57
Last Modified: 21 Mar 2025 07:57
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4352

Actions (login required)

View Item
View Item