Saputra, Andra (2018) Kontribusi Gaya Kepengikutan dan Kecerdasan Emosional terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Danau Kerinci Kabupaten Kerinci. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_ANDRA_SAPUTRA_15147019_5741_2019.pdf [thumbnail of B1_1_ANDRA_SAPUTRA_15147019_5741_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
B1_1_ANDRA_SAPUTRA_15147019_5741_2019.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan peneliti di Sekolah 
Dasar Negeri Kecamatan Danau Kerinci yang menunjukkan masih rendahnya 
kinerja guru. Terlihat beberapa masalah diantaranya (1) disiplin kehadiran guru 
(2) tidak membuat perangkat pembelajaran. Banyak faktor yang mempengaruhi 
kinerja guru, diantaranya gaya kepengikutan dan kecerdasan emosional guru. 
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) kontribusi gaya kepengikutan 
terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Danau Kerinci, (2) 
kontribusi kecerdasan emosional terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri di 
Kecamatan Danau Kerinci, dan (3) kontribusi gaya kepengikutan dan kecerdasan 
emosional terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Danau 
Kerinci. 
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang akan 
mengungkapkan dan mengetahui kontribusi antara dua variabel dengan mengukur 
koefisien dan signifikansi. Populasi semua guru pegawai Negri sipil Sekolah 
Dasar di Kecamatan Danau Kerinci, Kabupaten Kerinci sebanyak 140 guru, 
sampel diambil dengan menggunakan teknik Stratified Proportional Random 
Sampling, sampel dalam penelitian ini sebanyak 73 guru. Teknik pengumpulan 
data dilakukan dengan cara menemui subjek penelitian dan membagikan angket 
yang sudah di uji coba. Analisis data diolah dengan menggunakan teknik korelasi 
dan regresi menggunakan bantuan program SPSS versi 20. 
Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) gaya kepengikutan 
memberikan kontribusi signifikan terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri di 
Kecamatan Danau Kerinci sebesar 6,3%. (2) kecerdasan emosional memberikan 
kontribusi signifikan terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan 
Danau Kerinci sebesar 8,6%.  (3) gaya kepengikutan dan kecerdasan emosional 
memberikan kontribusi signifikan terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri di 
Kecamatan Danau Kerinci sebesar 13,9%. Dari hasil temuan ini dapat 
disimpulkan bahwa hipotesis dapat diterima secara empiris dan variabel gaya 
kepengikutan dan kecerdasan emosional merupakan dua faktor yang berkontribusi 
terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Danau Kerinci, sisanya 
86,1% dipengaruhi oleh faktor lain.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 | 
| Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos | 
| Date Deposited: | 21 Mar 2025 07:40 | 
| Last Modified: | 21 Mar 2025 07:40 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4351 | 
 
         