Ermawasni, Ermawasni (2016) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Dengan Menggunakan Teknik Mind Map Melalui Model Kooperatif Tipe Learning Together (LT) di Kelas V SDN 12 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_ERMAWASNI_14124066_5973_2016.pdf [thumbnail of B1_1_ERMAWASNI_14124066_5973_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_ERMAWASNI_14124066_5973_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPA di kelas
V SDN 12 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Tujuan penelitian adalah untuk
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA dengan menggunakan teknik Mind Map melalui
model kooperatif tipe Learning Together (LT). Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan
Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam dua siklus, yaitu Maret – Mei 2016. Subjek
penelitian adalah peserta didik kelas V yang berjumlah 20 orang. Data penelitian diperoleh
dari observasi, tes, dan penugasan pembuatan mind map. Keefektifan tindakan pada setiap
siklus dari hasil observasi dan tes dideskripsikan kemudian direfleksikan untuk melakukan
tindakan perbaikan pada siklus berikutnya. Temuan penelitian menunjukkan bahwa terjadi
peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA peserta didik kelas V SDN 12 Batang Anai.
Peningkatan aktivitas meliputi: oral activities, writing activities, drawing activities, dan
mental activities. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPA dengan
penggunaan teknik mind map melalui model kooperatif tipe LT mengalami peningkatan dari
siklus I ke siklus II, dengan perolehan rata-rata sebagai berikut: (1) Aktivitas pada siklus I
52,5 mengalami peningkatan menjadi 89,1 pada siklus II. (2) Kognitif siklus I 45%
mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 82,5%, (3) Hasil Mind Map siklus I 63,3%
mengalami peningkatan menjadi 88,91% pada siklus II. Berdasarkan temuan penelitian dapat
disimpulkan bahwa penggunaan teknik Mind Map melalui model kooperatif tipe Learning
Together (LT) dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan aktivitas
dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 21 Mar 2025 07:40 |
Last Modified: | 21 Mar 2025 07:45 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4349 |