Handayani, Silvia (2022) Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Problem Based Learning Menggunakan Aplikasi Lectora di Kelas V Sekolah Dasar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_SILVIA_HANDAYANI_20124032_2684_2022.pdf [thumbnail of B1_01_SILVIA_HANDAYANI_20124032_2684_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_SILVIA_HANDAYANI_20124032_2684_2022.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penerapan kurikulum 2013 guru ataupun sekolah dituntut untuk lebih berupaya
menyiapkan kelengkapan untuk mendukung keberhasilan belajar siswa. Jika dilihat
secara luas kegiatan belajar mengajar sangat tergantung pada kesiapan perangkat
pembelajaran, salah satunya yaitu penggunaan bahan ajar. Penggunaan bahan ajar di
SD belum maksimal, guru cenderung hanya menggunakan buku siswa sebagai bahan
ajar. Sehingga penting untuk mengembangkan bahan ajar yang dapat digunakan dalam
proses pembelajaran di SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk
bahan ajar tematik terpadu berbasis problem based learning menggunakan aplikasi
lectora untuk kelas V sekolah dasar tema 3 subtema 1.
Penilitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D)
dengan model pengembangan ADDIE, dalam model pengembangan ADDIE terdapat
lima tahapan utama yaitu Analyze, Design, Develop, Implementation, dan Evaluation.
Pada model pengembangan ADDIE ini bersifat fleksibel yang dimana tiap tahapan
pengembangan akan memberikan pengaruh terhadap tahapan berikutnya.
Pada tahap Analyze dilakukan analisis peserta didik, analisis kurikulum, dan
analisis materi. Pada tahap Design dilakukan pembuatan flowchart dan storyboard
sebagai rancangan bahan ajar yang dikembangkan. Pada tahap Develop produk yang
dikembangkan sesuai dengan langkah sebelumnya akan dilakukan validasi dengan para
pakar, Pada aspek materi memperoleh 84% dengan kategori sangat valid, aspek media
memperoleh 79% dengan kategori valid, dan aspek bahasa memperoleh 94% dengan
kategori sangat valid. Pada tahap Implementation dilakukan uji praktikalitas dan uji
efektifitas. Hasil uji praktikalitas dengan guru memperoleh rata-rata sebesar 95%, oleh
guru dan 86% oleh siswa dengan kategori sangat praktis. Uji efektifitas dilakukan pada
aspek motivasi dan hasil belajar siswa. Aspek motivasi memperoleh rata-rata 83%
dengan kategori sangat tinggi. Hasil belajar pada aspek pengetahuan, nilai posttest di
SDN 03 Kampung Jawa sebesar 82,66 dengan predikat Baik, dan di SDN 05 Kampung
Jawa 85,33 dengan predikat Baik. Aspek keterampilan dengan nilai 3,50 dan 3,64
dengan predikat Sangat Baik. Aspek sikap dengan nilai 3,65 dan 3,67 dengan predikat
Sangat Baik. Tahap Evaluation dilakukan dengan evaluasi terhadap analisis yang
dilakukan dan evaluasi dari saran dan masukan dari masing-pakar dalam tahap validasi
bahan ajar yang dikembangkan. Dari penelitian yang dilakukan maka dapat dinyatakan
bahwa bahan ajar tematik terpadu berbasis problem based learning menggunakan
aplikasi lectora valid, praktis, dan efektif untuk digunakan di untuk kelas V sekolah
dasar.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | BAHAN AJAR, LECTORA, TEMATIK TERPADU, PROBLEM BASED LEARNING, SEKOLAH DASAR |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
Date Deposited: | 21 Mar 2025 07:35 |
Last Modified: | 21 Mar 2025 07:43 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4347 |