Ahmad, Erman (2014) Kontribusi Motivasi Kerja dan Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah terhadap Kinerja Tenaga Administrasi SMP/MTs Negeri di Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_ERMAN_AHMAD_19663_1219_2014.pdf [thumbnail of B1_1_ERMAN_AHMAD_19663_1219_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_ERMAN_AHMAD_19663_1219_2014.pdf
Download (571kB)
Abstract
Berdasarkan pra survey di lapangan tergambar bahwa Kinerja Tenaga
Administrasi SMP/MTS Negeri Kecamatan IV Jurai masih rendah. Ini terlihat
dari kurangnya kesungguhan Tenaga Administrasi dalam melaksanakan tugas dan
tanggung jawabnya. Hal ini dikhawatirkan akan berpengaruh terhadap pencapaian
tujuan sekolah dan pada akhirnya pada tujuan pendidikan. Selanjutnya, peneliti
menduga bahwa Motivasi Kerja dan Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah
mempengaruhi Kinerja yang dimiliki oleh Tenaga Administrasi SMP/MTs
Negeri Kecamatan IV Jurai. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian untuk
menguji kebenarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kontribusi
Motivasi Kerja dan Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah terhadap Kinerja
Tenaga Administrasi SMP/MTs Negeri Kecamatan IV Jurai. Hipotesis yang
diajukan dalam penelitian ini adalah: (1) Motivasi Kerja berkontribusi terhadap
Kinerja Tenaga Administrasi Sekolah, (2) Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah
berkontribusi terhadap Kinerja Tenaga Administrasi Sekolah, (3) Motivasi Kerja
dan Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah secara bersama-sama berkontribusi
terhadap Kinerja Tenaga Administrasi Sekolah.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Tenaga Administrasi
SMP/MTS Negeri di Kecamatan IV Jurai yang berjumlah 84 orang. Sampel
penelitian berjumlah 38 orang yang diambil dengan teknik Stratified Proportional
Random Sampling, dengan mempertimbangkan strata status kepegawaian dan
masa kerja. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket model Skala
Likert yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Data penelitian dianalisis
dengan teknik korelasi dan regresi.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Motivasi Kerja berkontribusi
terhadap Kinerja Tenaga Administrasi Sekolah sebesar 34,7%, (2) Kompetensi
Manajerial Kepala Sekolah berkontribusi terhadap Kinerja Tenaga Administrasi
Sekolah sebesar 14,1%,(3) Motivasi Kerja dan Kompetensi Manajerial Kepala
Sekolah secara bersama-sama berkontribusi terhadap Kinerja Tenaga Administrasi
Sekolah sebesar 42,5%. Selanjutnya hasil analisis deskriptif mengungkap bahwa
Kinerja Tenaga Administrasi Sekolah masih berada pada kategori cukup dengan
tingkat ketercapaian skor sebesar 78,60% dari skor ideal, dan untuk variabel
Motivasi Kerja dan Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah diketahui sama-sama
sudah berada pada kategori baik (81,97% dan 84,09% dari skor ideal).
Temuan di atas mengimplikasikan bahwa Motivasi Kerja dan Kompetensi
Manajerial Kepala Sekolah adalah dua faktor yang memiliki pengaruh terhadap
Kinerja Tenaga Administrasi Sekolah, akan tetapi masih banyak faktor lain yang
ikut berpengaruh terhadap Kinerja Tenaga Administrasi Sekolah yang tidak dikaji
dalam penelitian ini.
ABSTRAK
ii
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 21 Mar 2025 07:35 |
Last Modified: | 21 Mar 2025 07:35 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4346 |