Efektivitas Layanan Informasi Menggunakan Collaborative Learning melalui Facebook dalam Peningkatan Self Regulated Learning Siswa

Pulungan, Silfa Hafizah (2018) Efektivitas Layanan Informasi Menggunakan Collaborative Learning melalui Facebook dalam Peningkatan Self Regulated Learning Siswa. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_SILFA_HAFIZAH_PULUNGAN_15151066_2217_2018.pdf] Text
B1_01_SILFA_HAFIZAH_PULUNGAN_15151066_2217_2018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih ditemukan siswa yang memiliki
gejala self regulated learning yang rendah. Hal tersebut dapat dilihat pada saat
jam pelajaran berlangsung, siswa menggunakan smarthphone secara sembunyi�sembunyi dengan meletakkan di dalam laci, lembaran buku atau di dalam tas yang
sengaja diletakkan di atas meja belajar. Upaya yang dilakukan dalam peningkatan
self regulated learning siswa adalah dengan layanan informasi menggunakan
collaborative learning melalui facebook. Penelitian ini bertujuan untuk menguji
efektivitas layanan informasi menggunakan collaborative learning melalui
facebook dalam peningkatan self regulated learning siswa.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian ini yaitu
Quasi Experiment dengan rancangan The Non Equivalent Control Group Design.
Subjek penelitian ini adalah siswa MAN Barumun Tengah sebagai kelompok
eksperimen dan siswa MAN Marenu sebagai kelompok kontrol. Instrumen
penelitian yang digunakan adalah instrumen self regulated learning dengan
menggunakan skala model Likert. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon
Signed Ranks Test dan uji Kolmogorov-Smirnov Two Independent Sampel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan informasi menggunakan
collaborative learning melalui facebook lebih efektif dalam peningkatan self
regulated learning siswa terlihat dari rata-rata hasil postest kelompok eskperimen
sebesar 148,65 dan kelompok kontrol sebesar 137,11

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: SELF REGULATED LEARNING, LAYANAN INFORMASI, COLLABORATIVE LEARNING, FACEBOOK
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 21 Mar 2025 07:31
Last Modified: 21 Mar 2025 07:31
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4345

Actions (login required)

View Item
View Item