Ermalius, Ermalius (2013) Kontribusi Supervisi Klinis dan Sikap Inovatif terhadap Kompetensi Profesional Guru SMA Negeri di Kecamatan Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_ERMALIUS_19662_1329_2013.pdf [thumbnail of B1_1_ERMALIUS_19662_1329_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_ERMALIUS_19662_1329_2013.pdf
Download (303kB)
Abstract
Kompetensi profesional guru merupakan aspek terpenting dalam mencapai
tujuan pembelajaran yang efektif dan efisien. Berdasarkan pra survey di SMA
Negeri Kecamatan Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan tergambar bahwa
kompetensi profesional guru masih kurang baik. Ini terlihat dari kurangnya
penguasaan materi oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan
apakah supervisi klinis dan sikap inovatif berkontribusi terhadap kompetensi
profesional guru SMA Negeri Kecamatan Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir
Selatan. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah; 1) supervisi klinis
berkontribusi terhadap kompetensi profesional guru, 2) sikap inovatif
berkontribusi terhadap kompetensi profesional guru, 3) supervisi klinis dan sikap
inovatif secara bersama-sama berkontribusi terhadap kompetensi profesional guru.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMA Negeri Kecamatan
Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan yang berjumlah sebanyak 100 orang.
Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Stratified Proportional
Random Sampling. Sampel yang terpilih sebanyak 46 orang. Data dikumpulkan
dengan angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data dianalisis dengan
teknik korelasi dan regresi.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa; 1) supervisi klinis berkontribusi
sebesar 13,3% terhadap kompetensi profesional guru, 2) sikap inovatif
berkontribusi terhadap kompetensi profesional guru sebesar 10,3%, dan 3)
supervisi klinis dan sikap inovatif secara bersama-sama berkontribusi terhadap
kompetensi profesional guru sebesar 22,1%. Selanjutnya analisis deskriptif
mengungkapkan bahwa kompetensi profesional guru, dan supervisi klinis serta
sikap inovatif sama-sama berada pada kategori baik.
Hasil penelitian ini berimplikasi bahwa untuk meningkatkan kompetensi
profesional guru SMA Negeri Kecamatan Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir
Selatan dapat dilakukan melalui peningkatan supervisi klinis dan sikap inovatif.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 21 Mar 2025 07:31 |
Last Modified: | 21 Mar 2025 07:31 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4343 |