Andini, Selfi Rahmi (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Tematik Terpadu Peserta Didik Kelas V SD Gugus III Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_SELFI_RAHMI_ANDINI_21124023_2038_2023 (3 Mar).pdf [thumbnail of B1_01_SELFI_RAHMI_ANDINI_21124023_2038_2023 (3 Mar).pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_SELFI_RAHMI_ANDINI_21124023_2038_2023 (3 Mar).pdf
Download (557kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar
peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu. Tujuan penelitian ini untuk
mendeskripsikan Pengaruh Model CRH Terhadap Motivasi dan Hasil Peserta
Didik Kelas V SDN Gugus III Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dalam bentuk Quasi eksperiment
design. Desain pada pengambilan sampel adalah simple random sampling
dengan kelas eksperimen di SD N 10 Kotobaru dan kelas kontrol di SD N 36
Sawah Rang Salayan dengan masing-masing peserta didik 14 orang. Teknik
analisis data menggunakan uji prasyarat berupa uji normalitas, homogenitas
serta uji hipotesis uji t untuk hipotesis satu dan dua serta hipotesis tiga
digunakan uji regresi, korelasi dan determinasi.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwasanya Ngain score
motivasi belajar kelas eksperimen lebih signifikan dari pada kelas kontrol, yakni
62.8031% pada kelas eksperimen yang kategori cukup efektis dan 42.4694%
pada kelas kontrol termasuk kategori kurang efektif. Ngain score hasil belajar
kelas eksperimen sebesar 64.0061% (kategori cukup efektif) dan kelas kontrol
41.3105% (kategori kurang efektif), yang artinya hasil belajar kelas eksperimen
lebih signifikan daripada kelas kontrol. Pada hipotesis satu dari uji paired
sample t-test tentang motivasi belajar diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 <
yang disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model crh
terhadap motivasi belajar peserta didik pada pretest dan
posttest eksperimen dan kontrol serta nilai r squarenya sebesar
37.8% yang artinya pengaruh model pembelajaran kooperatif
Course Review Horay terhadap motivasi belajar.
Perolehan uji paired sample t-test hasil belajar diperoleh nilai Sig. (2-
tailed) sebesar 0.000 < 0.05, disimpulkan terdapat perbedaan antara rata-rata
hasil belajar peserta didik pada pretest dan posttest eksperimen dan kontrol
serta nilai r square sebesar 32,7% yang mengandung pengertian bahwa
pengaruh model pembelajaran kooperatif Course Review Horay terhadap hasil
belajar. Pada hipotesis ketiga diketahui nilai sig. 000 < 0.005 artinya terdapat
interaksi motivasi belajar dan hasil belajar dengan menggunakan model CRH,
nilai korelasinya 0.613 termasuk hubungan yang kuat dan positif pada hubungan
varibarel penelitian ini dan diperoleh nilai koefisien determinasinya 30.4% yang
artinya persentase kemampuan variabel crh ini ialah 30.4%
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | COURSE REVIEW HORAY, MOTIVASI BELAJAR, HASIL BELAJAR, TEMATIK TERPADU |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
Date Deposited: | 21 Mar 2025 07:30 |
Last Modified: | 21 Mar 2025 07:31 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4340 |