Harahap, Sari (2023) Efektivitas Layanan Penguasaan Konten Menggunakan Metode Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Siswa. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_SARI_HARAHAP_21151026_3812_2023.pdf [thumbnail of B1_01_SARI_HARAHAP_21151026_3812_2023.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_SARI_HARAHAP_21151026_3812_2023.pdf
Download (1MB)
Abstract
Keterampilan belajar siswa yang rendah dapat dilihat dari permasalahan
siswa yang malas mencatat pelajaran yang sedang dipelajari, suka bercerita
dengan teman-temannya pada saat guru menjelaskan, dan hanya siswa yang
juara/berprestasi yang aktif bertanya. Siswa yang lain terkadang bertanya akan
tetapi tidak selalu. Selanjutnya, siswa memiliki catatan pelajaran yang tidak
lengkap dan tidak rapi, keengganan siswa mengungkapkan masalah terkait
keterampilan belajar kepada guru, siswa yang kurang tertarik dengan cara
mengajar guru, tidak suka dengan pelajaran guru itu bahkan tidak suka dengan
pribadi gurunya. Salah satu upaya yang dapat dilakukan guru bimbingan dan
konseling yaitu memberikan layanan penguasaan konten menggunakan metode
problem based learning untuk meningkatkan keterampilan belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas layanan penguasaan konten
menggunakan metode problem based learning untuk meningkatkan keterampilan
belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah
quasi experiment dengan rancangan pretest-posttest control group design. Subjek
penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 27 Padang dan subjek dipilih
menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian digunakan dengan
model skala likert, kemudian data dianalisis dengan menggunakan wilcoxon
signed ranks test dan kolmogorov-smirnov two independent sampel dengan
bantuan SPSS versi 25.00.
Temuan penelitian memperlihatkan bahwa, (1) terdapat perbedaan yang
signifikan keterampilan belajar siswa pada kelompok eksperimen sebelum dan
sesudah diberikan layanan penguasaan konten menggunakan metode problem
based learning, (2) terdapat perbedaan keterampilan belajar siswa pada kelompok
kontrol sebelum dan sesudah diberikan layanan penguasaan konten tanpa
menggunakan metode problem based learning, dan (3) terdapat perbedaan
keterampilan belajar siswa pada kelompok eksperimen yang diberikan layanan
penguasaan konten menggunakan metode problem based learning dengan
kelompok kontrol yang diberikan layanan penguasaan konten menggunakan
metode diskusi. Perbedaan dapat dilihat dari hasil posttest kelompok eksperimen
yang lebih tinggi dari pada hasil posttest kelompok kontrol. Temuan penelitian ini
dapat disimpulkan bahwa layanan penguasaan konten menggunakan metode
problem based learning lebih efektif untuk meningkatkan keterampilan belajar
siswa.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KETERAMPILAN BELAJAR, LAYANAN PENGUASAAN KONTEN, METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2 |
Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
Date Deposited: | 21 Mar 2025 07:23 |
Last Modified: | 21 Mar 2025 07:23 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4338 |