Ermalita, Ermalita (2010) Pengaruh Strategi Pembelajaran Multiple Intelligence dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Eksperimen pada Pelajaran IPA Kelas IV SDN 14 Nan Sabaris. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_ERMALITA_10727_3575_2012.pdf [thumbnail of B1_1_ERMALITA_10727_3575_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_ERMALITA_10727_3575_2012.pdf
Download (172kB)
Abstract
Kecerdasan yang dimiliki siswa membantu menyelesaikan permasalahan
dibangku sekolah, strategi pembelajaran Multiple Intelligence dapat menciptakan
kompetensi pada beberapa kecerdasan yang menonjol dalam suatu produk yang
bernilai, menciptakan suasana belajar praktis, dan memiliki kemampuan untuk
memecahkan masalah sesuai dengan konten
Penelitian ini bertujuan untuk memberi pengaruh pembelajaran Multiple
Intelligence dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA. Tiga hipotesis yang
diuji dalam penelitian ini pertama, siswa belajar dengan Strategi Multiple
Intelligence memperoleh hasil belajar lebih tinggi dari pada siswa belajar dengan
cara konvensional kedua, siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi dengan
Strategi Multiple Intelligence memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi daripada
siswa yang belajar dengan cara konvensional. Ketiga, terdapat interaksi antara
strategi pembelajaran Multiple Intelligence dan motivasi terhadap hasil belajar
IPA
Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dengan disain penelitian
faktorial 2x 2. Penelitian dilakukan di SDN 14 Nan Sabaris pada semester genap
2009 / 2010. Sample diambil dengan random sampling. Data penelitian ini
dikumpulkan melalui pretest, tes motivasi dan post test. Data dianalisis dengan uji
t dan untuk interaksi digunakan Anava dua arah.
Penelitian ini dapat disimpulkan (1). Siswa yang diajarkan dengan
menggunakan Strategi Pembelajaran Multiple Intelligence dapat memperoleh hasil
belajar yang lebih tinggi baik bagi siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi
maupun siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dalam pembelajaran IPA.
(2) terdapat perbedaan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA antara
kelompok siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi dengan menggunakan
strategi Multiple Intelligence dibandingkan kelompok siswa yang mempunyai
motivasi belajar rendah. (3) Terdapat interaksi antara penggunaan pembelajaran
Multiple Intelligence dengan motivasi belajar siswa.
Implikasi dari penelitian ini adalah strategi pembelajaran Multiple
Intellligence dalam pengelolaan pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar
siswa dan mempermudah pemahaman siswa dalam menerima materi. Dalam hal
ini dituntut kemampuan guru untuk mengembangkan kreatifitasnya dalam
mengelola pembelajaran dengan menggunakan Strategi Multiple Intelligence
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 21 Mar 2025 07:23 |
Last Modified: | 21 Mar 2025 07:23 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4337 |