Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan PowerPoint pada Pembelajaran IPA Kelas V di SDIT Nurul Ilmi Kota Pariaman

Putriana, Sania (2022) Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan PowerPoint pada Pembelajaran IPA Kelas V di SDIT Nurul Ilmi Kota Pariaman. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_SANIA_PUTRIANA_20124030_3135_2022.pdf] Text
B1_01_SANIA_PUTRIANA_20124030_3135_2022.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengembangan media pembelajaran
multimedia interaktif menggunakan PowerPoint pada pembelajaran IPA di
Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media multimedia
interaktif khususnya pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar yang valid, praktis
dan efektif.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (RnD).
Yaitu pengembangan multimedia interaktif menggunakan PowerPoint pada
pembelajaran IPA. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE
(Analyze, Design, Development, Implementation dan evaluation). Penelitian ini
dilaksanakan di SDIT Nurul Ilmi Kota Pariaman. Instrumen yang digunakan
adalah angket. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi,
wawancara, dokumentasi, angket, dan tes. Output dari multimedia interaktif
menggunakan PowerPoint ini berupa file yang dapat di install dengan mudah,
sehingga memudahkan siswa dalam proses pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian, uji validitas dari multimedia interaktif
memiliki rata-rata sebesar 4,38 dapat dikatakan multimedia interaktif
menggunakan PowerPoint “sangat baik”. Dengan demikian, multimedia interaktif
menggunakan PowerPoint ini sudah valid. Dari hasil praktikalitas dengan rata-rata
sebesar 4,7 dapat dikatakan multimedia interaktif menggunakan PowerPoint
“sangat baik”. Dengan demikian, multimedia interaktif menggunakan PowerPoint
ini sudah praktis untuk dipakai dalam menguji efektivitas. Dari uji efektivitas,
hasil test yang didapatkan menyatakan bahwa 91% dari jumlah siswa kelas V di
SDIT Nurul Ilmi mendapatkan nilai di atas KKM sesudah menggunakan
mutimedia interaktif menggunakan PowerPoint. Berdasarkan ketetapan peneliti
sebelumnya bahwa jika 85% dari jumlah siswa kelas V di SDIT Nurul Ilmi
mendapatkan nilai di atas KKM setelah menggunakan multimedia interaktif
menggunakan PowerPoint, maka produk ini dinyatakan efektif.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: PENGEMBANGAN, MULTIMEDIA INTERAKTIF, POWERPOINT
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 21 Mar 2025 07:23
Last Modified: 21 Mar 2025 07:23
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4336

Actions (login required)

View Item
View Item