Pengaruh Model Student Team Achievement Division (STAD) dan Model Numbered Heads Together (NHT)Serta Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV di SD Negeri Kecamatan Batipuh

Syamputri, Sandi Trirahmi (2016) Pengaruh Model Student Team Achievement Division (STAD) dan Model Numbered Heads Together (NHT)Serta Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV di SD Negeri Kecamatan Batipuh. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_SANDI_TRIRAHMI_SYAMPUTRI_14124044_1345_2017.pdf] Text
B1_01_SANDI_TRIRAHMI_SYAMPUTRI_14124044_1345_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari siswa belum terlibat aktif dalam proses
pembelajaran IPA, dimana guru berperan sebagai pusat informasi sehingga
informasi yang diterima siswa hanya dari guru saja dan siswa belum mampu
memecahkan masalah sendiri. Penelitian ini bertujuan melihat (1) perbedaan hasil
belajar IPA siswa kelas IV yang menggunakan model STAD, NHT, dan
konvensional, (2) perbedaan hasil belajar IPA siswa bermotivasi tinggi dan rendah
dengan menggunakan model pembelajaran STAD dan NHT, (3) perbedaan
interaksi antara motivasi belajar dengan model pembelajaran STAD dan NHT
dalam mempengaruhi hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri se Kecamatan
Batipuh.
Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksprimental dengan rancangan faktorial
design .Pada kelas eksperimen diterapkan model STAD dan NHT, di kelas kontrol
diterapkan pendekatan konvensional. Populasi seluruh siswa kelas IV SD N
Kecamatan Batipuh dan sampel SDN 42 sebagai kelas kontrol, SDN 18 Batipuh
sebagai kelas eksperimen 1, dan SDN 03 Batipuh sebagai kelas eksperimen 2.
Hipotesis ini diuji dengan menggunakan anava dua arah.
Hasil penelitian disimpulkan (1) terdapat perbedaan hasil belajar IPA
siswa kelas IV yang menggunakan model STAD, NHT, dan konvensional di SD
Negeri se Kecamatan Batipuh, (2) terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa
bermotivasi tinggi dan rendah dengan menggunakan model pembelajaran STAD
dan NHT di kelas IV SD Negeri se Kecamatan Batipuh, (3) tidak terdapat
perbedaan interaksi antara motivasi belajar dengan model pembelajaran STAD
dan NHT dalam mempengaruhi hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri se
Kecamatan Batipuh.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 21 Mar 2025 07:13
Last Modified: 21 Mar 2025 07:13
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4334

Actions (login required)

View Item
View Item