Karisma, Sally Putri (2020) Efektivitas Layanan Informasi dengan Menggunakan Pendekatan Small Group Discussion untuk Meningkatkan Sikap Toleransi Siswa. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
B1_01_SALLY_PUTRI_KARISMA_16151068_3028_2020.pdf
Download (328kB)
Abstract
Sikap toleransi merupakan suatu sikap untuk menghargai, menerima dan 
mengakui adanya perbedaan dan keberagaman agama, etnis, keyakinan, 
kepercayaan dan pendapat orang lain tanpa memerlukan persetujuan. Penelitian 
ini dilatarbelakangi oleh masih ditemukanya siswa yang memliki sikap intoleransi 
atau tidak toleransi terhadap temannya, masih banyak siswa yang berinteraksi 
secara berkelompok-kelompok, kurang kerjasama saat proses belajar, tidak dapat 
menghargai pendapat teman, memiliki persepsi negatif terhadap suatu, suku, 
kepercayaan lain. Upaya yang dilakukan Guru Bimbingan dan Konseling atau 
Konselor melalui layanan informasi dengan menggunakan pendekatan Small 
Group Discussion. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penggunaan 
layanan informasi dengan menggunakan pendekatan Small Group Discussion
untuk meningkatkan sikap toleransi siswa.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah
Quasi Experiment dengan rancangan The Non Equivalent Control Group Design. 
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 7 SMA Negeri 2 Jayapura sebagai 
kelompok eksperimen dan siswa kelas XI IPA 7 SMA Negeri 1 Jayapura sebagai 
kelompok kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah model Skala 
Likert, yang disusun peneliti dengan validitas 0,359 dan reliabilitas 0,884. Data 
dianalisis menggunakan Wilcoxon Rank Test dan Kolmogorov Smirnov Two 
Independent Samples dengan bantuan SPSS versi 20.00.
Temuan penelitian ini secara umum menunjukkan bahwa layanan 
informasi dengan menggunakan pendekatan Small Group Discussion efektif untuk 
meningkatkan sikap toleransi pada siswa. Selanjutnya, temuan penelitian ini 
secara khusus yaitu: (1) terdapat perbedaan yang signifikan sikap toleransi siswa 
pada kelompok eksperimen sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi 
dengan menggunakan pendekatan Small Group Discussion, (2) terdapat 
perbedaan sikap toleransi siswa pada kelompok kontrol sebelum dan sesudah 
diberikan layanan informasi tanpa menggunakan pendekatan Small Group 
Discussion, dan (3) terdapat perbedaan sikap toleransi siswa antara kelompok 
eksperimen yang diberikan layanan informasi dengan menggunakan pendekatan 
Small Group Discussion dengan kelompok kontrol yang diberikan layanan 
informasi tanpa menggunakan pendekatan Small Group Discussion.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | SIKAP TOLERANSI, SMALL GROUP DISCUSSION, LAYANAN INFORMASI, SISWA | 
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2 | 
| Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP | 
| Date Deposited: | 21 Mar 2025 07:13 | 
| Last Modified: | 21 Mar 2025 07:13 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4331 | 
         