Anuar, Kaspur (2012) Pengaruh Penggunaan Keterampilan Variasi dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Sain Siswa di Sekolah Dasar Negeri Nomor 020 Simpang Tiga Kec. Marpoyan Damai Kota Pekanbaru. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_KASPUR_ANUAR_71317_6352_2012.pdf [thumbnail of B1_1_KASPUR_ANUAR_71317_6352_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_KASPUR_ANUAR_71317_6352_2012.pdf
Download (183kB)
Abstract
Penelitian berawal dari adanya temuan masalah dalam proses pembelajaran.
Rendahnya hasil belajar Sain siswa merupakan cara pembelajaran yang belum tepat.
Oleh karena itu, dalam penelitian ini dikembangkan dalam sebuah teknik pembelajaran
dengan keterampilan bervariasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) perbedaan pengaruh hasil
belajar mata pelajaran sains siswa motivasi tinggi dengan menggunakan keterampilan
bervariasi lebih tinggi dibandingkan dengan konvensional (2) perbedaan hasil belajar
mata pelajaran sains siswa dengan motivasi rendah akan lebih tinggi jika diajar
bervariasi, bila dibandingkan dengan hasil belajar sain siswa yang bermotivasi rendah
jika diajarkan dengan diajar dengan keterampilan bervariasi. (3) ada tidaknya interaksi
antara keterampilan variasi dengan motivasi terhadap hasil belajar mata pelajaran sains
siswa sekolah dasar tersebut.
Penelitian ini adalah metode quiasi eksprimen dengan rancangan 2x2. Populasi
dalam penelitian ini melibatkan seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar 020 Kec
Marapoyan damai kota Pekanbaru dengan jumlah 115 0rang. Teknik pengumpulan data
dengan tes hasil belajar. Analisa menggunakan uji-t dan anava. Untuk melihat ada
tidaknya interaksi antara motivasi awal dengan hasil belajar digunakan grafik.
Hasil penelitian membuktikan bahwa hasil belajar sain siswa yang diajarkan
dengan menggunakan tehnik keterampilan yang bervariatif efektif akan lebih tinggi dari
pada hasil belajar sain siswa yang diajar dengan pembelajarn konvensional. Penerapan
dari keterampilan variasi dapat memberikan siswa lebih termotivasi belajar dan dapat
meningkatakan hasil belajar sain siswa.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 21 Mar 2025 07:03 |
Last Modified: | 21 Mar 2025 07:04 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4329 |