Kamsi, Kamsi (2010) Pengaruh Penerapan Metode Kontekstual dan Pengetahuan Awal Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi di Kelas Viii SMP Negeri 3 Dayun Kabupaten Siak Propinsi Riau. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_KAMSI_92576_3145_2012.pdf [thumbnail of B1_1_KAMSI_92576_3145_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_KAMSI_92576_3145_2012.pdf
Download (353kB)
Abstract
Hasil identifikasi masalah di SMP Negeri 03 Dayun Kabupaten Siak Propinsi Riau
menunjukkan pola pembelajaran yang berpusat pada guru, guru kurang memberikan
kesempatan belajar kepada siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir dan
mengkonstruksi pengetahuan, metode pembelajaran yang digunakan belum dapat
membelajarkan siswa secara maksimal. Perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan proses
dan hasil belajar siswa.1) Penelitian ini menggunakan metode CTL dan pengetahuan awal
yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS Ekonomi di Kelas VIII, 2) perbedaan
hasil belajar IPS Ekonomi antara siswa yang diajarkan dengan metode CTL dan Pengetahuan
awal dengan kemampuan awal tinggi, dengan siswa yang diajarkan dengan menggunakan
metode konvensional dengan kemampaun awal tinggi, 3) perbedaan hasil belajar IPS
Ekonomi antara siswa yang diajarkan dengan metode CTL dan Pengetahuan awal dengan
kemampuan awal rendah, dengan siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode
konvensional dengan kemampaun awal rendah, 4) interaksi antara kemampuan awal siswa
dengan metode CTL
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 03 Dayun
Kabupaten Siak Propinsi Riau yang berjumlah 96 siswa tahun pelajaran 2009/2010. Dengan
menggunakan teknik simple random sampling, peneliti mendapatkan kelas VIII A sebagai
kelas eksperimen dan siswa kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Penelitian ini adalah
penelitian quasi eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan
menggunakan tes objektf yang dilaksanakan di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data di
Deskripsi dengan menggunakan uji t dan anava.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Hasil belajar siswa yang diajarkan
dengan menggunakan metode CTL dan Pengetahuan awal lebih tinggi dari hasil belajar
siswa yang diajarkan dengan metode konvensional, 2) Hasil belajar siswa dengan
kemampuan awal tinggi yang diajarkan dengan menggunakan metode CTL dan
Pengetahuan awal lebih tinggi dari hasil belajar siswa dengan kemampuan awal tinggi yang
diajarkan dengan metode konvensional, 3) Hasil belajar siswa dengan kemampuan awal
rendah yang diajarkan dengan menggunakan metode CTL dan Pengetahuan awal lebih
tinggi dari hasil belajar siswa dengan kemampuan awal rendah yang diajarkan dengan
metode konvensional, dan 4) Tidak terdapat interaksi antara metode CTL dan Pengetahuan
awal dengan kemampuan awal siswa
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 21 Mar 2025 07:03 |
Last Modified: | 21 Mar 2025 07:05 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4323 |