Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team-Achiement Division) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pelajaran Kelas VII.4 SMPNegeri 25 Pekanbaru

Erlinawati, Erlinawati (2011) Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team-Achiement Division) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pelajaran Kelas VII.4 SMPNegeri 25 Pekanbaru. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_ERLINAWATI_51913_4975_2012.pdf] Text
B1_1_ERLINAWATI_51913_4975_2012.pdf

Download (204kB)

Abstract

Kompetensi yang diharapkan dalam pembelajaran matematika adalah
peserta didik dapat berkemampuan berpikir logis, analitis,sistematis,kritis, dan
kreatif, serta kemampuan bekerjasama. Untuk itu diperlukan usaha yang sungguhsungguh
baik dari guru maupun dari siswa. Dalam proses pembelajaran di kelas
hasil belajar siswa secara klasikal belum mencapai nilai ketuntasan yang
ditentukan yaitu 75%, bahkan hasil belajar secara individualpun masih banyak
yang belum mencapai nilai ketuntasan yang telah disepakati oleh guru matematika
yaitu 68. Salah satu usaha yang dilakukan guru untuk meningkatkan nilai baik
secara individual maupun klasikal adalah Penggunaan Model Pembelajaran
Kooperatif tipe STAD (Student Team-Achievment Division). Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran
matematika melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD (
Student Team-Achievment Division).
Metode penilitian yang dilaksanakan adalah penelitian Tindakan Kelas
(Action Research) pada pelajaran Matematika. Peneliti bertindak langsung sebagai
peneliti internal. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII.4. SMPNegeri 25
Pekanbaru yang berjumlah 40 orang.. Penelitian dilakukan dengan dua siklus,
setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan
refleksi. Instrument yang digunakan untuk mengamati perlakuan guru dan siswa
menggunakan lembaran observasi yang diisi oleh observer sedangkan hasil
tindakan menggunakan lembaran tes hasil belajar.
Hasil analisis data siklus I dan siklus II menunjukkan adanya
peningkatan hasil belajar siswa. Jumlah siswa yang tuntas meningkat dari 85%
pada siklus I menjadi 90% pada siklus II dan nilai rata-rata hasil belajar siswa
juga meningkat dari 83,25 pada siklus I menjadi 86,87 pada siklus II. Secara
umum dapat dikatakan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe
student team-achievment division dalam pembelajaran matematika dapat
meningkatkan hasil belajar siswa..

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 21 Mar 2025 07:03
Last Modified: 21 Mar 2025 07:03
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4322

Actions (login required)

View Item
View Item