Hubungan Persepsi Tentang Keharmonisan Keluarga dengan Kenakalan Siswa SMAN 3 Padangsidimpuan

Harahap, Erlina (2014) Hubungan Persepsi Tentang Keharmonisan Keluarga dengan Kenakalan Siswa SMAN 3 Padangsidimpuan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_ERLINA_HARAHAP_1103707_2715_2014.pdf] Text
B1_1_ERLINA_HARAHAP_1103707_2715_2014.pdf

Download (238kB)

Abstract

Pendidikan merupakan suatu proses untuk mengaktualisasikan semua
potensi dalam diri siswa untuk membentuk kepribadiannya. Oleh karena itu
tujuan pendidikan membekali siswa dengan pengetahuan, nilai-nilai dan
keterampilan. Siswa memiliki kewajiban untuk mengikuti kegiatan
pembelajaran dan memiliki hak untuk belajar. Kenyataannya di sekolah
ditemukannya ada siswa yang terlambat datang, tidak memakai atribut
lengkap ke sekolah, bolos pada jam belajar, berkelahi, berjudi, menonton
video porno dan hal ini tentu saja mempengaruhi kesuksesan belajar
mereka. Dalam masalah di atas salah satu faktor penyebabnya keharmonisan
dalam keluarga. Siswa yang memiliki persepsi yang baik terhadap
keharmonisan keluarga cenderung menampilkan tingkah laku yang baik,
sopan dan disenangi oleh lingkungan sosialnya sebaliknya siswa yang
keluarganya tidak harmonis lebih sering melakukan pelanggaran yang
terlihat dari aktivitas mereka sehari-hari di sekolah. Penelitian ini bertujuan
mendeskripsikan bagaimana hubungan persepsi tentang keharmonisan
keluarga dengan kenakalan siswa.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan jenis deskriptif.
Penelitian dilakukan terhadap siswa SMAN 3 Padangsidimpuan tahun
pelajaran 2012/2013. Jumlah sampel penelitian sebanyak 176 orang siswa
dan pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Instrumen
yang digunakan angket tertutup dengan menggunakan model skala Likert.
Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik persentase dan
untuk menguji hubungan antara kedua variabel digunakan statistik
parametrik yaitu Product Moment Corelation dengan menggunakan SPPS
for windows release 17.00.
Hasil penelitian yaitu: 1) tingkat capaian responden mengenai persepsi
tentang keharmonisan keluarga sebesar 70,88%, 2) tingkat capaian
responden mengenai kenakalan siswa sebesar 57,95% dan 3) koefisien
korelasi persepsi tentang keharmonisan keluarga dengan kenakalan siswa
sebesar 0,581. Dengan demikian dapat disimpulkan persepsi tentang
keharmonisan keluarga berada pada kategori cukup, kenakalan siswa berada
pada kategori rendah dan terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi
tentang keharmonisan keluarga dengan kenakalan siswa. Implikasinya
terhadap pelayanan bimbingan dan konseling adalah perlunya
menyelenggarakan layanan bimbingan konseling secara rutin dan sesuai
dengan kebutuhan siswa yang dapat meningkatkan persepsi siswa tentang
keharmonisan keluarga dan pelayanan yang dapat menurunkan kenakalan
siswa di sekolah.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Keharmonisan Keluarga, Kenakalan Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 21 Mar 2025 07:03
Last Modified: 21 Mar 2025 07:03
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4320

Actions (login required)

View Item
View Item