Erita, Erita (2012) Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Kelas III Dalam Pembelajaran Tematik dengan Lesson Study di SDN 02 Percontohan Kota Bukittinggi. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_ERITA_51723_6436_2012.pdf [thumbnail of B1_1_ERITA_51723_6436_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_ERITA_51723_6436_2012.pdf
Download (140kB)
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan diperoleh informasi bahwa pembelajaran
tematik di kelas III Sekolah Dasar Negeri 02 Percontohan Kecamatan Guguk
Panjang Kota Bukittinggi belum maksimal. Hal ini disebabkan masih kurangnya
kompetensi pedagogik guru dalam merencanakan, melaksanakan dan
mengevaluasi pembelajaran. Guru cenderung menggunakan pendekatan
konvensional dan pembelajaran tidak disesuaikan dengan karakter peserta didik
dan situasi kelas. Di samping itu, guru belum maksimal dalam menyusun
perencanaan pembelajaran. Untuk mengetahui masalah ini dilakukan penelitian
terhadap pembelajaran tematik di kelas III dengan menggunakan lesson study.
Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk rancangan pembelajaran
tematik dengan menggunakan lesson setudy dan mendeskripsikan pelaksanaan
dan penilaian tematik dengan lesson study dalam meningkatkan kompetensi
pedagogik guru Kelas III SD N 02 Percontohan Bukittinggi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan
rancangan penelitian tindakan sekolah. Prosedur penelitian meliputi (1) studi
pendahuluan, (2) penyusunan perencanaan, (3) kegiatan pelaksanaan yang terdiri
dari tahap pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan dan tahap refleksi. Penelitian
dilakukan dalam dua kali pada pertemuan siklus I dan siklus II, secara kolaboratif
antara peneliti dan guru. Data penelitian dikumpulkan yang kemudian dianalisis
secara deskriptif.
Dari hasil penelitian terlihat dengan menggunakan lesson study dapat
meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran tematik kelas III
SD N 02 Percontohan Kecamatan Guguk Panjang Kota Bukittinggi. Hasil
pembelajaran siklus I dengan nilai rata-rata 66,87 dan siklus II hasil pembelajaran
dengan nilai rata-rata 75.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 21 Mar 2025 07:03 |
Last Modified: | 21 Mar 2025 07:03 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4317 |