Efektivitas pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy setting kelompok untuk mengatasi perilaku bullying Siswa

Erismon, Erismon (2021) Efektivitas pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy setting kelompok untuk mengatasi perilaku bullying Siswa. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_ERIZON_91637_3131_2012.pdf] Text
B1_1_ERIZON_91637_3131_2012.pdf

Download (69kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari permasalahan maraknya perilaku
bullying siswa di sekolah. Perilaku bullying merupakan perilaku negatif yang
dapat merugikan diri pribadi dan orang lain. Upaya yang dilakukan dalam
mengatasi perilaku bullying siswa adalah dengan menggunakan pendekatan
Rational Emotive Behavior Therapy setting kelompok. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk melihat efektivitas pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy
setting kelompok untuk mengatasi perilaku bullying siswa.
Penelitian ini menggunakan desain eksperimen Posttest Only Control
Group Design. Subjek penelitian adalah siswa SMP Hamka II Padang yang
direkomendasi oleh Guru BK sebanyak 20 orang siswa dengan pertimbangan
tertentu terkait dalam permasalahan bullying. Kemudian dibagi menjadi 2
kelompok yang terdiri dari 10 orang siswa sebagai kelompok eksperimen dan 10
orang siswa sebagai kelompok kontrol. Teknik dalam penetapan subjek penelitian
menggunakan teknik random sampling. Data dianalisis menggunakan uji
Kolmogorov Smirnov 2 Independent Sampels.
Hasil penelitian ini, menyimpulkan bahwa pendekatan Rational Emotive
Behavior Therapy setting kelompok efektif untuk mengatasi perilaku bullying
siswa. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai rujukan dalam membuat
program layanan bimbingan dan konseling, terutama penggunaan pendekatan
Rational Emotive Behavior Therapy setting kelompok untuk mengatasi perilaku
bullying siswa.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Rational Emotive Behavior Therapy, Perilaku Bullying
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 21 Mar 2025 07:02
Last Modified: 21 Mar 2025 07:02
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4316

Actions (login required)

View Item
View Item