Pengembangan Media E-Learning Berbasis Video Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan komunikasi untuk Kelas XI Sekolah Menengah Atas

Syahmadi, Eril (2012) Pengembangan Media E-Learning Berbasis Video Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan komunikasi untuk Kelas XI Sekolah Menengah Atas. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_ERIL_SYAHMADI_19903_6437_2012.pdf] Text
B1_1_ERIL_SYAHMADI_19903_6437_2012.pdf

Download (193kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran
berupa media e-learning Berbasis Video yang valid, praktis dan efektif
untuk pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikas. Penelitian ini
dilatarbelakangi dari hasil pengamatan penulis di beberapa SMA. Tujuan
dari pengembangan media ini adalah untuk memfasilitasi siswa yang suka
bermain Internet dan agar siswa mampu memahami materi tentang
pengenalan Internet melalui video yang dapat diakses secara online di
Internet yang pembelajarannya dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan
menggunakan model IDI (Instructional Development Institute). Untuk
melihat apakah Media E-Learning Berbasis Video ini valid, praktis dan
efektif, peneliti melakukan uji pakar, evaluasi one-to-one/perorangan,
evaluasi kelompok kecil, dan uji lapangan dengan melihat aktivitas
pembelajaran dan hasil belajar siswa. Desain ini divalidasi oleh 2 orang
pakar, pakar perancangan Media E-learning Berbasis Video dan pakar
Media E-Learning Berbasis Video. Media E-learning Berbasis Video diuji
cobakan pada 31 orang siswa kelas XI semester 1 SMA Negeri 2 Sungai
Penuh untuk mengetahui tingkat praktikalitas dan efektifitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Media E-learning Berbasis
Video pada aspek Akses E-Learning (93%), Aspek materi sangat valid
(93%), aspek penyajian sangat valid (93%), aspek Media E-learning
Berbasis Video sangat valid (93%) serta aspek video Media E-learning
sudah sangat valid (94%). Praktikalitas oleh guru sudah sangat praktis
(96%), praktikalitas oleh siswa sudah sangat praktis (94%). Media Elearning
Berbasis Video efektif meningkatkan hasil belajar para siswa,
siswa yang mendapatkan nilai amat baik 38%, baik 57% dan cukup baik
9,7%. Berdasarkan data diatas dapat disimpulkan bahwa Media E-learning
Berbasis Video valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 21 Mar 2025 07:02
Last Modified: 21 Mar 2025 07:02
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4315

Actions (login required)

View Item
View Item