Kontribusi Kecerdasan Emosional dan Supervisi Akademik terhadap Prestasi Kerja Guru

Erianto, Erianto (2013) Kontribusi Kecerdasan Emosional dan Supervisi Akademik terhadap Prestasi Kerja Guru. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_ERIANTO_19084_2685_2013.pdf] Text
B1_1_ERIANTO_19084_2685_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Prestasi Kerja Guru SLTP di Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh,
Kabupaten Solok Selatan sebagian besar masih rendah hal ini diduga erat
hubungannya dengan Kecerdasan Emosional guru dan Supervisi Akademik yang
dilakukan oleh kepala sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan
kontribusi Kecerdasan Emosional dan Supervisi Akademik terhadap Prestasi Kerja
Guru. Untuk itu Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah : 1). Kontribusi
Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Kerja Guru, 2). Kontribusi Supervisi
Akademik terhadap Prestasi Kerja Guru, 3). Kontribusi Kecerdasan Emosional dan
Supervisi Akademik secara bersama-sama berkontribusi terhadap Prestasi Kerja
Guru.
Populasi dalam penelitian ini adalah guru SLTP di Kecamatan Koto Parik
Gadang Diateh, Kabapaten Solok Selatan sebanyak 95 orang. Penarikan sampel
dilakukan dengan menggunakan teknik Stratified Proporsional Random Sampling.
Sampel yang terpilih sebanyak 47 orang. Data dikumpul dengan angket yang telah
diuji validitas dan reabilitasnya. Data dianalisis dengan teknik korelasi dan regresi.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1). Kecerdasan Emosional
berkontribusi sebesar 25,6 % terhadap Prestasi Kerja Guru, 2). Supervisi Akademik
berkontribusi sebesar 4,9 % terhadap Prestasi Kerja Guru dan 3). Kecerdasan
Emosional dan Supervisi Akademik secara bersama-sama berkontribusi sebesar 31,2
%. Tingkat pencapaian skor untuk Kecerdasan Emosional sangat baik, Supervisi
Akademik cukup dan Prestasi Kerja Guru baik.
Disimpulkan bahwa Kecerdasan Emosional dan Supervisi Akademik
merupakan dua faktor yang mempengaruhi Prestasi Kerja Guru di samping faktor lain
yang tidak diungkapkan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini berimplikasi untuk
meningkatkan prestasi kerja guru SLTP di Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh,
Kabupaten Solok Selatan perlu dikembangkan dan ditingkatkan agar guru melakukan
perubahan sehingga prestasi kerja guru sesuai dengan yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 21 Mar 2025 07:02
Last Modified: 21 Mar 2025 07:02
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4314

Actions (login required)

View Item
View Item