Penggunaan Handphone oleh Siswa dan Peran Guru Bimbingan dan Konseling (Penelitian di SMA Pembangunan Kota Padang).

Juwanto, Juwanto (2013) Penggunaan Handphone oleh Siswa dan Peran Guru Bimbingan dan Konseling (Penelitian di SMA Pembangunan Kota Padang). Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_JUWANTO_19121_6046_2012.pdf] Text
B1_1_JUWANTO_19121_6046_2012.pdf

Download (102kB)

Abstract

Salah satu tantangan global pada saat ini bagi para remaja khususnya siswa
adalah kemajuan teknologi komunikasi, yaitu handphone yang keberadaannya sudah
merambah ke sekolah-sekolah. Adanya handphone sebagai alat komunikasi adalah
bertujuan untuk mempermudah dan membantu siswa dalam berkomunikasi serta
memperoleh informasi yang dibutuhkan. Namun kenyataannya masih banyak siswa
yang menggunakan handphone tidak hanya sebagai alat komunikasi tetapi juga
sebagai alat untuk hal-hal yang keliru. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk
memperoleh gambaran berkenaan dengan bagaimana penggunaan handphone oleh
siswa dan Peran Guru bimbingan dan Konseling di SMA Pembangunan Kota Padang.
Adapun penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan deskriptif
kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XI dan XII SMA
Pembangunan Kota Padang yang memiliki handphone dengan jumlah 383 siswa.
Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan Purposive
Sampling, dengan pertimbangan siswa yang menggunakan handphone dengan fitur
multimedia dalam kapasitas 3G dan 3,5G, dengan sampel sebanyak 150 siswa.
Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah angket yang telah teruji
validitas dan reliabilitasnya serta wawancara sebagai data sekunder. Adapun teknik
yang digunakan adalah teknik statistik deskriptif dengan bantuan program SPSS versi
15.
Hasil temuan penelitian menjelaskan bahwa Penggunaan Handphone oleh
Siswa di SMA Pembangunan Kota Padang ada pada ketegori sedang. Sedangkan
untuk perindikator hasil temuan yang diperoleh di lapangan adalah (1) penggunaan
handphone oleh siswa untuk memperlancar komunikasi berada pada kategori sedang
yaitu (71,93%), (2) penggunaan handphone sebagai gaya hidup ada pada kategori
sedang yaitu (72%), (3)Penggunaan handphone untuk menambah pengetahuan dan
informasi ada pada kategori sedang dengan skor (71, 89%), (4) penggunaan
handphone yang keliru ada pada kategori sedang yaitu (77,38 %). Dengan demikian
artinya bahwa Penggunaan Handphone oleh Siswa di SMA Pembangunan Kota
Padang belum sepenuhnya sesuai dengan tujuan dan fungsi diciptakannya handphone
sebagai alat komunikasi.(5) berkenaan dengan Peran guru BK, secara umum sudah
melaksanakan program layanan dengan baik.
Berdasarkan hasil Penelitian, selanjutnya diharapkan Guru Bimbingan dan
Konseling di sekolah untuk meningkatkan peran dalam memberikan layanan kepada
siswa dan membangun kerjasama dengan orangtua siswa serta masyarakat dalam
mendukung program layanan BK.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 21 Mar 2025 03:54
Last Modified: 21 Mar 2025 03:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4300

Actions (login required)

View Item
View Item