Pelaksanaan Supervisi Pembelajaran oleh Kepala Sekolah di SMP Negeri 4 Solok Selatan Kabupaten Solok Selatan

Harningsih, Eri (2013) Pelaksanaan Supervisi Pembelajaran oleh Kepala Sekolah di SMP Negeri 4 Solok Selatan Kabupaten Solok Selatan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_ERI_HARNINGSIH_19083_1845_2013.pdf] Text
B1_1_ERI_HARNINGSIH_19083_1845_2013.pdf

Download (460kB)

Abstract

Fenomena yang ditemui bahwa kepala sekolah tidak menjadikan pengawas
sekolah sebagai mitra bagi peningkatan kinerjanya. Supervisi masih dianggap
mencari kesalahan, dan Kepala sekolah keliatannya jarang melakukan kunjungan
kedalam kelas selama proses belajar mengajar berlangsung sebagian guru terkesan
mengajar hanyalah sebagai tugas rutin untuk memperoleh nafkah, akibatnya
cenderung melaksanakan tugas secara statis dan hampir-hampir tidak mengalami
pembaharuan. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Pelaksanaan Supervisi
pembelajaran Kepala Sekolah di SMP Negeri 4 Solok Selatan. 2) Kendala dalam
Melaksanakan Supervisi pembelajaran di SMP Negeri 4 Solok Selatan. 3) Usahausaha
yang dilakukan Kepala Sekolah untuk meningkatkan Pelaksanaan Supervisi
pembelajaran di SMP Negeri 4 Solok Selatan.
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini
diadakan di SMP Negeri 4 Solok Selatan Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh
Kabupaten Solok Selatan. Instrument kunci dalam penelitian ini adalah peneliti
sendiri. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,wawancara dan studi
dokumentasi.
Hasil penelitian menujukkan bahwa, supervisi pembelajaran yang
dilakukan oleh kepala sekolah, dimulai dari perencanaan supervisi pembelajaran
yang dilakukan oleh kepala sekolah adalah supervisi tatap muka ke kelas-kelas,
supervisi kelompok dan supervisi secara individual dan merencanakan supervisi
pembelajaran dengan 9 kriteria 1) Kurikulum pembelajaran, 2) Administrasi dan
manajemen sekolah, 3) Organisasi dan kelembagaan, 4) Sarana dan prasarana, 5)
Ketenagaan, 6) Pembiayaan dan pendanaan, 7) Peserta didik, 8) Peran serta
masyarakat, 9) Lingkungan dan budaya sekolah, Supervisi pembelajaran
memberikan alternatif bagi kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi
pembelajaran, produk utama bagi kepala sekolah adalah prosedur operasional
standar (POS) supervisi pembelajaran bagi kepala sekolah disusun berdasarkan
tujuan. Tujuan tersebut antara lain 1) meningkatkan mutu pembelajaran, 2)
meningkatkan kompetensi guru terutama dalam proses pembelajaran, 3)
melaksanakan supervisi pembelajaran sesuai dengan mekanisme yang telah
ditentukan oleh pemerintah, Tindak lanjut hasil supervisi pembelajaran kepala
sekolah melakukan tindak lanjut tentang supervisi pembelajaran yang telah
dilaksanakan sebelumnya, tindak lanjut supervisi pembelajaran dilakukan secara
tatap muka, kelompok dan individual.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 21 Mar 2025 03:47
Last Modified: 21 Mar 2025 03:47
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4293

Actions (login required)

View Item
View Item