Junaidi, Junaidi (2011) Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Model Prablem Solving untuk Materi Sistem Pernapasan Manusia pada kelas VIII SMP/MTs. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_JUNAIDI_93195_3950_2012.pdf [thumbnail of B1_1_JUNAIDI_93195_3950_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_JUNAIDI_93195_3950_2012.pdf
Download (184kB)
Abstract
Penelitian ini didasari untuk meningkatkan kwalitas pembelajaran IPA di
SMP/MTs. dengan cara merancang perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran
merupakan faktor yang penting dalam proses pembelajaran dan mengarahkan siswa
untuk memperoleh pengalaman belajar. Tujuan Penelitian ini untuk menghasilkan
suatu perangkat pembelajaran IPA Kelas VIII SMP/MTs. dengan menggunakan
model pembelajaran Prablem Solving yang valid, praktis dan efektif.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan
model 4 D (Four-D model). Tahap disseminate tidak dilakukan. Pengumpulan data
dilakukan dengan validasi dan uji coba perangkat pembelajaran yang dikembangkan.
Rancangan perangkat pembelajaran yang telah didesain kemudian divalidasi oleh 2
orang pakar dan 2 orang praktisi dan diuji coba secara terbatas di MTs. Al-
Ittihadiyah Pekanbaru untuk mengetahui tingkat praktikalitas dan efektifitas yang
dikembangkan.
Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh perangkat pembelajaran IPA
berbasis model Prablem Solving yang meliputi Silabus, Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran, Materi Ajar dan Lembar Kegiatan Siswa berada dalam kategori sangat
valid dengan nilai rata-rata 96,02 %. Nilai kepraktisan berdasarkan lembar observasi
dan angket kepraktisan rancangan oleh guru dikategorikan sangat praktis. Efektifitas
dari hasil belajar ranah kognitif dari daya serap dengan rata-rata 89,4 % dengan
kategori sangat baik. Hasil belajar ranah psikomotor dengan rata-rata 80,1 yang
dikategorikan baik, sedangkan hasil belajar ranah afektif dengan rata-rata 91,8 yang
kategorikan sangat baik
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 21 Mar 2025 03:41 |
Last Modified: | 21 Mar 2025 03:42 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4290 |