Ramadhani, Erfan (2016) Efektivitas Layanan Informasi Menggunakan Pendekatan Discovery Learning dalam Meningkatkan Aspirasi Karier Siswa. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_ERFAN_RAMADHANI_1303714_3358_2016.pdf [thumbnail of B1_1_ERFAN_RAMADHANI_1303714_3358_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_ERFAN_RAMADHANI_1303714_3358_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Aspirasi karier merupakan hal yang sangat penting bagi siswa karena aspirasi
karier adalah keinginan atau harapan, cita-cita, ambisi, dan mimpi yang realistis
individu terhadap prestasi tertentu di masa depan. Aspirasi karir berhubungan
dengan keinginan utama individu, serta merupakan prestasi yang ingin diusahakan
agar tercapai. Berdasarkan fenomena yang ditemukan di lapangan, masih
rendahnya lulusan SMA yang tidak melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi.
Fenomena tersebut bertolak belakang dari tujuan pendidikan SMA yaitu
mempersiapkan lulusan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
Fenomena tersebut menjadi indikasi bahwa aspirasi karier siswa berada pada
kategori rendah. Salah satu upaya yang dilakukan dalam meningkatkan aspirasi
karier siswa adalah dengan layanan informasi. Penelitian ini bertujuan untuk
menguji efektivitas layanan informasi menggunakan pendekatan discovery
learning dalam meningkatkan aspirasi karier siswa.
enelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Quasi
Experiment dengan rancangan Non Randomized Pretest-Posttest Control Group
Design. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 8 Padang sebagai
kelompok eksperimen dan siswa SMA Negeri 7 Padang sebagai kelompok kontrol.
Instrumen penelitian yang digunakan adalah model Skala Likert, selanjutnya akan
dianalisis menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test dan uji Kolmogorov-
Smirnov Two Independent Sampel dengan bantuan SPSS versi 17.00.
Temuan penelitian ini secara umum menunjukkan bahwa layanan informasi
menggunakan pendekatan discovery learning efektif dalam meningkatkan aspirasi
karier siswa. Selanjutnya, temuan penelitian secara khusus yaitu: (1) terdapat
perbedaan yang signifikan aspirasi karier siswa pada kelompok eksperimen
sebelum dan setelah diberikan layanan informasi menggunakan pendekatan
discovery learning, (2) terdapat perbedaan aspirasi karier siswa pada kelompok
kontrol sebelum dan setelah diberikan layanan informasi tanpa menggunakan
pendekatan discovery learning, dan (3) terdapat perbedaan aspirasi karier siswa
antara kelompok eksperimen yang diberikan layanan informasi menggunakan
pendekatan discovery learning dengan kelompok kontrol yang diberikan layanan
informasi tanpa menggunakan pendekatan discovery learning. Berdasarkan hasil
penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol
mengalami peningkatan skor aspirasi karier akan tetapi kelompok eksperimen
mengalami peningkatan lebih besar daripada kelompok kontrol. Selanjutnya,
berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan kepada pihak terkait agar dapat
kerja sama dalam membantu siswa meningkatkan aspirasi karier.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aspirasi Karier Siswa, Layanan Informasi, Discovery Learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 21 Mar 2025 03:37 |
Last Modified: | 21 Mar 2025 03:37 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4287 |