Juliani, Juliani (2012) Kontribusi Kompetensi Pedagogik dan Perilaku Berkomunikasi Terhadap Pelaksanaan Manajemen Kelas Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kecamatan Padangsidimpuan Selatan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_JULIANI_19064_5519_2012.pdf [thumbnail of B1_1_JULIANI_19064_5519_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_JULIANI_19064_5519_2012.pdf
Download (1MB)
Abstract
Pelaksanaan manajemen kelas guru dianggap sebagai salah satu faktor
penting dalam menentukan kualitas pendidikan. Ditemukan bahwa pelaksanaan
pengelolaan kelas guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kecamatan
Padangsidimpuan Selatan tidak sebagaimana mestinyakondisi ini diduga
dipengaruhi oleh beberapa faktor yang mendominasi yaitu, kompetensi
paedagogik guru dan perilaku berkomunikasi, penelitian ini bertujuan untuk1)
kontribusi pedagogik terhadap pelaksanaan manajemen kelas, 2) Kontribusi
perilaku berkomunikasi terhadap pelaksanaan manajemen kelas Sekolah
Menengah Pertama Negeri di Kecamatan Padangsidimpuan Selatan, 3) Kontribusi
kompetensi pedagogik dan perilaku berkomunikasi secara bersama-sama terhadap
pelaksanaan manajemen kelas.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru Sekolah Menengah
Pertama Negeri di Kecamatan Padangsidimpuan Selatan sebanyak 207 orang guru
yang berstatus PNS, teknik pengambilan sampel stratified proporsional random
sampling yaitu sebanyak 56 orang guru. Data dikumpulkan melalui penyebaran
kuesioner. Data yang terkumpul itu kemudian dianalisis secara statistik dengan
menggunakan analisis korelasi dan regresi tehnik dengan menggunakan SPSS
Persi 15.
Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) Kompetensi Pedagogik
berkontribusi secara signifikan terhadap Pelaksanaan Manajemen Kelas Guru
sebesar 36,60%, 2) Perilaku Berkomunikasi berkontribusi secara signifikan
terhadap Pelaksanaan Manajemen Kelas Guru sebesar 28,90%, 3) Kompetensi
Pedagogik dan Perilaku Berkomunikasi secara bersama-sama berkontribusi secara
signifikan terhadap Pelaksanaan Manajemen Kelas Guru sebesar 47,60%,
Berdasarkan kesimpulan dan implikasi, disarankan agar dalam upaya
meningkatkan Pelaksanaan Manajemen Kelas guru, maka guru harus mampu
meningkatkan Kompetensi Pedagogik dan Perilaku Berkomunikasi guru.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 21 Mar 2025 03:37 |
Last Modified: | 21 Mar 2025 03:54 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4283 |