Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Menggunakan Bibliotherapy untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII SMP 18 Padang)

Erdawati, Erdawati (2015) Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Menggunakan Bibliotherapy untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII SMP 18 Padang). Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_ERDAWATI_19112_5456_2015.pdf] Text
B1_1_ERDAWATI_19112_5456_2015.pdf

Download (552kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari remaja yang banyak mengalami kendala dalam
membentuk konsep dirinya. Hal itu disebabkan antara lain remaja sulit
menemukan figur yang dapat menjadi model bagi dirinya, remaja belum
memahami dirinya secara utuh, dan kondisi psikologis remaja yang cenderung
masih bersifat labil.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan
quasi eksprimen yang mengunakan model pretest-postest design. Dengan
mengunakan purposive sampling yang tempat penelitian di SMP N 18 Padang
yang menjadi populasi penelitian ini adalah kelas VIII, masing masing kelompok
terdiri dari 9 orang siswa. Bimbingan kelompok menggunakan Bibliotherapy pada
kelompok eksprimen dan layanan dan bimbingan kelompok tampa Bibliotherapy
pada kelompok kontrol. Data konsep diri dikumpulkan melalui pretest dan
posttest yang dianalisis menggunakan Wilcoxson Signed ranks test dan
Kolmogorov- Smirnov two Sampel dengan bantuam SPSS versi 16.0.
.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan konsep diri
siswa pada kelompok ekseperimen sebelum dan sesudah diberikan perlakukan, 2)
terdapat perbedaan konsep diri siswa pada kelompok kontrol sebelum dan
sesudah diberikan perlakukan, 3) terdapat perbedaan konsep diri siswa antara
kelompok kontrol dan kelompok eksperimen.
Berdasarkan hasil temuan penelitian dapat simpulkan bahwa konsep
diri dapat ditingkatkan melalui bimbingan kelompok dengan metoda biblotherapy.
Penelitian ini menunjukan penting nya Konselor untuk menerima perobahan dan
pengembangan pelaksanaan layanan khususnya bimbingan kelompok dengan
menggunakan bibliotherapy. Perlu dilakukan penelitian yang serupa dengan latar
belakang yang berbeda agar dapat sebagai perbandingan hasil penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 21 Mar 2025 03:36
Last Modified: 21 Mar 2025 03:36
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4281

Actions (login required)

View Item
View Item