Kontribusi Pola Asuh Orangtua, Konsep Diri dan Keterampilan Sosial Terhadap Hubungan Sosial Siswa Akselerasi (Studi Pada Siswa Akselerasi SMA Se Kota Padang).

Batubara, Juliana (2010) Kontribusi Pola Asuh Orangtua, Konsep Diri dan Keterampilan Sosial Terhadap Hubungan Sosial Siswa Akselerasi (Studi Pada Siswa Akselerasi SMA Se Kota Padang). Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_JULIANA_BATUBARA_10690_3959_2012.pdf] Text
B1_1_JULIANA_BATUBARA_10690_3959_2012.pdf

Download (151kB)

Abstract

Salah satu tugas perkembangan remaja adalah mencapai hubungan sosial
yang lebih matang dengan teman sebaya pria dan wanita, namun pada kenyataannya
tidak semua siswa dapat mencapainya. Ini terlihat bahwa hubungan sosial siswa
akselerasi bervariasi ada yang dikategorikan baik, cukup baik dan ada yang kurang
baik. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya pola asuh orangtua,
konsep diri dan keterampilan sosial yang dimiliki oleh siswa akselerasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) kontribusi pola asuh
orangtua terhadap hubungan sosial siswa, (2) kontribusi konsep diri terhadap
hubungan sosial siswa, (3) kontribusi keterampilan sosial terhadap hubungan sosial
siswa, dan (4) kontribusi pola asuh orangtua, konsep diri dan keterampilan sosial
terhadap hubungan sosial siswa akselerasi SMA se kota Padang.
Penelitian ini dilaksanakan dengan metode expost-facto. Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa akselerasi SMA se kota Padang, yaitu siswa akselerasi
SMA 1 negeri Padang 22 orang dan 12 orang siswa akselerasi Donbosko Padang.
Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen yang telah diukur validitas dan
reliabilitasnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat kontribusi pola asuh
orangtua yang signifikan sebesar 20,7 %, (2) terdapat kontribusi konsep diri yang
signifikan sebesar 41,1%, (3) terdapat kontribusi keterampilan sosial yang signifikan
sebesar 36,8%, (4) terdapat kontribusi yang signifikan antara pola asuh orangtua,
konsep diri dan keterampilan sosial secara bersama-sama sebesar 52%.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kontribusi pola
asuh orangtua, konsep diri dan keterampilan sosial, baik secara bersama-sama
maupun sendiri-sendiri berkontribusi secara signifikan terhadap hubungan sosial
siswa. Sehingga disarankan kepada orangtua agar mampu untuk memahami tugas
perkembangan siswa, guru pembimbing agar dapat membina hubungan kerja sama
dengan guru mata pelajaran dan orangtua untuk bersama-sama menciptakan
lingkungan kondusif dalam upaya pengembangan kemampuan anak dalam
bersosialisasi.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 21 Mar 2025 03:36
Last Modified: 21 Mar 2025 03:36
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4277

Actions (login required)

View Item
View Item