Pengaruh Metode Pembelajaran Global dan Elementer Terhadap Kemampuan Groundstroke Tenis Lapangan Mahasiswa FIK UNP

Jefri, Muhammad (2021) Pengaruh Metode Pembelajaran Global dan Elementer Terhadap Kemampuan Groundstroke Tenis Lapangan Mahasiswa FIK UNP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_02_MUHAMMAD_JEFRI _16087271_739_2021.pdf] Text
B1_02_MUHAMMAD_JEFRI _16087271_739_2021.pdf

Download (3MB)

Abstract

Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Padang
Masalah dalam penelitian ini diduga rendahnya kemampuan groundstroke tenis lapangan yang di sebabkan oleh banyak hal, diantaranya metode pembelajaran yang belum sesuai dan tepat digunakan. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran global dan elementer (X), terhadap
kemampuan groundstroke (Y). Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment atau exsperimen
semu desain pada penelitian ini pretest-posttest design. Sampel penelitian ini mahasiswa tenis lapangan dasar FIK UNP berjumlah 20 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan pourposife sampling. Data dikumpulkan mengunakan tes keterampilan groundstroke tenis lapangan. Hasil analisis data menunjukkan adanya pengaruh latihan metode
pembelajaran global terhadap kemampuan groundstroke tenis lapangan mahasiswa FIK UNP sebesar t hitung 20,686 sedangkan t tabel sebesar 2,262 dengantaraf signifikan α = 0,05. Berdasarkan pengambilan keputusan diatas maka t
hitung > ttabel (20,686 > 2,262). Metode pembelajaran elementer memberikan pengaruh terhadap peningkatan kemampuan groundstroke tenis lapangan mahasiswa FIK UNP sebesar t
hitung 18,272 sedangkan t tabel sebesar 2,262 dengan taraf signifikan α = 0,05. Berdasarkan pengambilan keputusan diatas maka t hitung > ttabel (18,272 >2,262). Metode pembelajaran global lebih efektif dari metode pembelajaran
elemeneter di lihat dari hasil uji hipotesis ketiga sebesar sebesar thitung 2,870sedangkan ttabel sebesar 2,093 dengan taraf signifikan α = 0,05. Berdasarkan pengambilan keputusan diatas maka thitung > t tabel (2,870 > 2,093). Dapat
disimpulkan bahwa hipotesis yang menunjukkan Ha diterima karena thitung > ttabel ,dan dapat dikatakan bahwa metode pembelajaran global lebih efktif dari metode pembelajaran elementer.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: S Sport
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 21 Mar 2025 03:36
Last Modified: 21 Mar 2025 03:36
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4276

Actions (login required)

View Item
View Item