Yahfizham, Yahfizham (2019) Pengembangan Model Tes Diagnosis Kemampuan Berpikir Menggunakan Sistem Pakar. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_YAHFIZHAM_15193031_1479_2019.pdf [thumbnail of B1_5_YAHFIZHAM_15193031_1479_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_YAHFIZHAM_15193031_1479_2019.pdf
Download (5MB)
Abstract
Pada bidang pendidikan teknologi kejuruan, capaian belajar meliputi
kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik. Semua aspek tersebut tentu saja
membutuhkan alat tes yang bervariasi atau berbeda, terutama untuk jenis mata
kuliah kelas teori, yang bermuara pada persoalan standar mutu penilaian,
khususnya kemampuan kognitif. Perkembangan teknologi informasi dan
komunikasi, memberikan arah paradigma penilaian yang semakin pragmatis.
Kelemahan model tes diagnosa kemampuan berpikir berbantuan komputer yang
ada sebelumnya menjadi isu penting untuk melakukan penelitian. Tujuan
pengembangan model tes diagnosis kemampuan berpikir dengan konsep revisi
taksonomi kognitif Bloom dan sistem pakar menggunakan metode basis aturan,
memberikan solusi terhadap persoalan tersebut.
Metodologi yang dilakukan adalah jenis penelitian dan pengembangan,
dengan pendekatan model 4D. Uji coba dilakukan secara terbatas pada kegiatan
diskusi terfokus yang melibatkan lima orang sebagai validator. Subjek dan objek
uji coba produk pada skala diperluas dilakukan kepada tiga orang dosen yang
mengampu mata kuliah elektronika daya dan tiga puluh satu mahasiswa
Universitas Negeri Padang, Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Elektro, Program
Studi Teknik Elektro Industri Diploma Empat. Jenis data kuantitatif,
menggunakan instrumen kuesioner berskala Likert dipakai untuk mengumpulkan
data. Teknik analisis uji validitas dengan rumus Aiken dan Cronbach Alpha untuk
reliabilitasnya. Praktikalitas dibuktikan dengan pendekatan skor kegunaan
sedangkan efektivitas butir-butir soal tes dianalisis berdasarkan tingkat kesulitan,
daya beda dan keberfungsian pengecoh.
Penelitian telah menghasilkan produk perangkat lunak, buku model dan
buku panduan penggunaan perangkat lunak tes berbantuan komputer pada mata
kuliah elektronika daya. Materi atau topik bahasan meliputi pengenalan konsep
elektronika daya, komponen, jenis dan karakteristik dioda daya, penyearah tak
terkendali satu dan tiga fasa dan penyearah terkendali satu dan tiga fasa. Semua
produk telah terbukti validitas, praktikalitas dan efektivitasnya
Item Type: | Thesis (Doctoral/Disertasi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berpikir Tes Diagnosis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan-S3 |
Depositing User: | Melinda Febrianti S.IP |
Date Deposited: | 21 Mar 2025 03:36 |
Last Modified: | 21 Mar 2025 03:36 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4275 |