Juniar, Enny (2011) Pengaruh Metode Pemberian Tugas dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa SMP Negeri 1 Bandar Seikijang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_ENNY_JANUAR_10754_4974_2012.pdf [thumbnail of B1_1_ENNY_JANUAR_10754_4974_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_ENNY_JANUAR_10754_4974_2012.pdf
Download (99kB)
Abstract
Sebagai salah satu cabang ilmu pengetahuan, keberadaan pendidikan
kewarganegaraan sangat diperlukan dalam perkembangan ilmu pengetahuan lainnya.
Akan tetapi, kenyataan memperlihatkan bahwa kemampuan siswa dalam bidang
pendidikan kewarganegaraan sangat rendah dan salah satu faktor penyebabnya adalah
tidak tepatnya strategi yang digunakan guru dalam pembelajaran. Pembelajaran
pendidikan kewarganegaraan yang biasa dilakukan oleh guru, pada umumnya kurang
interaktif, monoton, kaku, dan membosankan bagi siswa, sehingga membuat hasil
belajar kewarganegaraan siswa menjadi rendah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh metode
pemberian tugas terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan siswa kelas IX
SMP Negeri 1 Bandar Seikijang. Penelitian ini menerapkan metode quasi eksperimen
dengan rancangan 2 x 2, jumlah sampel 129 orang siswa yang tersebar kedalam 2
kelas. Data hasil belajar diperoleh melalui tes yang telah diuji validitas dan
reliabilitasnya. Analisis data menggunakan uji-t dan ANAVA, dan untuk melihat ada
tidaknya interaksi antara motivasi awal dan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan
siswa menggunakan grafik interaksi.
Hasil analisa data mengungkapkan bahwa : (1) Hasil belajar pendidikan
kewarganegaraan siswa yang diajar dengan metode pembelajaran pemberian tugas
lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan metode konvensional; (2)
Hasil belajar siswa yang motivasi belajar tinggi yang diajar dengan metode pemberian
tugas lebih tinggi dari hasil belajar siswa kelompok motivasi tinggi yang diajar
dengan metode konvensional ; (3) Hasil belajar siswa yang memiliki motivasi
belajar rendah yang diajar dengan metode pembelajaran pemberian tugas lebih tinggi
dari hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang diajar dengan
metode konvensional, (4) Tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan
motivasi belajar terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan siswa kelas IX
SMP Negeri 1 Bandar Seikijang.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MOTIVASI BELAJAR, HASIL BELAJAR SISWA |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 21 Mar 2025 03:35 |
Last Modified: | 21 Mar 2025 03:35 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4272 |