Layanan Informasi dalam Membina Disiplin Siswa Terkait dengan Pemanfaatan Warung Sekolah (Studi di SMK Negeri Kota Padang)

Novialdi, Andrian (2019) Layanan Informasi dalam Membina Disiplin Siswa Terkait dengan Pemanfaatan Warung Sekolah (Studi di SMK Negeri Kota Padang). Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_ANDRIAN_NOVIALDI_1309208_4831_2019.pdf] Text
B1_1_ANDRIAN_NOVIALDI_1309208_4831_2019.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kondisi disiplin siswa terkait dengan pemanfaatan
warung sekolah setelah adanya kebijakan dan tata tertib warung sekolah. Penelitian
ini bertujuan untuk memperoleh gambaran berkenaan dengan layanan informasi
dalam membina disiplin siswa terkait dengan pemanfaatan warung sekolah. Secara
khusus penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang kondisi disiplin
siswa terkait dengan warung sekolah, kondisi dan peran warung sekolah mengacu
pada peraturan sekolah, dan pelaksanaan layanan informasi terkait warung sekolah
yang sudah diberikan oleh Guru BK.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis deskriptif. Populasi
penelitian adalah Kepala Sekolah, Guru BK, dan siswa di SMK Negeri Kota Padang
yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan
angket, kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif (teknik
persentase).
Temuan penelitian adalah: 1) Kondisi dan peran warung sekolah menurut
pendapat Kepala Sekolah berada pada kategori baik dan menurut pendapat Guru BK
cukup baik. 2) Disiplin siswa dalam pemanfaatan warung sekolah menurut pendapat
Guru BK sudah baik, sedangkan pendapat siswa cukup baik. 3) Pelaksanaan layanan
informasi terkait dengan pemanfaatan warung sekolah menurut Guru BK dan siswa
berada pada kategori baik.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 21 Mar 2025 03:35
Last Modified: 21 Mar 2025 03:35
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4268

Actions (login required)

View Item
View Item