Wahyuni, Hera (2017) Hubungan Self Regulated Learning dan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Prestasi Belajar Siswa (Studi pada Siswa SMPN 6 Muaro Jambi). Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_HERA_WAHYUNI_14151033_812_2017.pdf [thumbnail of B1_01_HERA_WAHYUNI_14151033_812_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_HERA_WAHYUNI_14151033_812_2017.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah rendahnya prestasi belajar siswa. Self regulated learning dan dukungan sosial teman sebaya merupakan faktor yang diduga mempengaruhi prestasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian
ini adalah: (1) mendeskripsikan prestasi belajar siswa, self regulated learning, dan dukungan sosial teman sebaya, (2) hubungan self regulated learning dengan prestasi belajar siswa, (3) hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan prestasi belajar siswa, dan (4) hubungan self regulated learning dan dukungan sosial teman sebaya secara bersama-sama dengan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 6 Muaro Jambi yang berjumlah 218 siswa. Sampel diperoleh sebanyak 141 siswa. Instrumen yang digunakan adalah skala model Likert. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif, regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) secara umum prestasi belajar siswa berada pada kategori sedang, self regulated learning siswa berada pada kategori baik, dan dukungan sosial teman sebaya berada pada kategori positif, (2) terdapat hubungan self regulated learning dengan prestasi belajar siswa, (3) terdapat hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan prestasi belajar siswa,
dan (4) terdapat hubungan self regulated learning dan dukungan sosial teman sebaya secara bersama-sama dengan prestasi belajar siswa. Implikasi hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai analisis kebutuhan siswa untuk program pelayanan bimbingan dan konseling di SMPN 6 Muaro Jambi.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Self Regulated Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2 |
Depositing User: | Nurismen Nurismen S.Sos |
Date Deposited: | 21 Mar 2025 03:35 |
Last Modified: | 21 Mar 2025 03:35 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4267 |