Eniwarti, Eniwarti (2015) Kontribusi Kepemimpinan Transaksionaldan Pemberdayaan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) terhadap Kompetensi Pedagogik Guru di SMP Negeri Kecamatan Sutera. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_ENIWARTI_1110800_1054_2015.pdf [thumbnail of B1_1_ENIWARTI_1110800_1054_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_ENIWARTI_1110800_1054_2015.pdf
Download (922kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendapatkan gambaran tentang
kontribusi Kepemimpinan Transaksional dan Pemberdayaan Musayawarah Guru
Mata Pelajaran (MGMP) terhadap Kompetensi Pedagogik Guru di SMP Negeri
Kecamatan Sutera.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode
deskriptif korelasional, bertujuan untuk mengungkap Kontribusi Kepemimpinan
Transaksional dan Pemberdayaan Musayawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP)
terhadap Kompetensi Pedagogik Guru di SMP Negeri Kecamatan Sutera. Tempat
penelitian dilaksanakan pada SMP Negeri Kecamatan Sutera yang dilaksanakan
pada semester Ganjil Tahun Pelajaran 2014/2015. Populasi penelitian adalah
seluruh guru SMP Negeri Kecamatan Sutera Tahun Pelajaran 2014/ 2015 yang
terdiri dari 6 (enam) sekolah yang berjumlah sebanyak 225 orang, dan yang
menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu guru SMP Negeri Kecamatan Sutera
yang Aktif mengikuti MGMP yang berjumlah sebanyak 66 orang. Instrumen
penelitian menggunakan kuesioner yang dengan model skala Likert, yang telah
diujicoba validitas dan reliabilitas, dan analisis penelitian menggunakan korelasi
sederhana dan regresi ganda.
Berdasarkan hasil analisis maka diperoleh hasil: (1) Kepemimpinan
Transaksional berkontribusi secara signifikan terhadap Kompetensi Pedagogik
Guru SMP Negeri Kecamatan Sutera sebesar 13,3%, (2) Pemberdayaan
Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) berkontribusi secara signifikan
terhadap Kompetensi Pedagogik Guru SMP Negeri Kecamatan Sutera sebesar
17,0%, dan (4) Kepemimpinan Transaksional, dan Pemerdayaan Musayawarah
Guru Mata Pelajaran (MGMP) secara bersama-sama berkontribusi secara
signifikan terhadap Kompetensi Pedagogik Guru SMP Negeri Kecamatan Sutera
sebesar 19,8%.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PEDAGOGIK GURU |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 21 Mar 2025 03:34 |
Last Modified: | 21 Mar 2025 03:34 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4265 |