Kontribusi Kesejahteraan Sekolah (School well-being dan Kecerdasan Emosi Terhadap Keterlibatan Siswa dalam Belajar (Student Engagement)

Susanti, Roza Eva (2021) Kontribusi Kesejahteraan Sekolah (School well-being dan Kecerdasan Emosi Terhadap Keterlibatan Siswa dalam Belajar (Student Engagement). Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_ROZA_EVA_SUSANTI_14151045_2848_2022.pdf] Text
B1_01_ROZA_EVA_SUSANTI_14151045_2848_2022.pdf

Download (1MB)

Abstract

Keterlibatan siswa dalam belajar merupakan hal yang harus dilakukan
jika ingin memahami pelajaran dan memperoleh prestasi yang baik di sekolah.
Namun ditemukan adanya penurunan keterlibatan siswa dalam belajar di SMP
Negeri 1 Padang yang disebabkan oleh berbagai faktor. Kesejahteraan sekolah
(school well-being) dan kecerdasan emosi merupakan faktor yang diduga
memengaruhi keterlibatan siswa dalam belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesejahteraan sekolah (school
well-being), kecerdasan emosi dan keterlibatan siswa dalam belajar. Penelitian
dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian
adalah siswa SMP Negeri 1 Padang sebanyak 768 orang siswa SMP Negeri 1
Padang dan sampel penelitian berjumlah 201 siswa yang diambil menggunakan
teknik random sampling. Instrumen yang digunakan disusun berdasarkan
konstruk dari ketiga variabel yaitu kesejahteraan sekolah, kecerdasan emosi dan
keterlibatan siswa dalam belajar dengan skala Likert.
Data penelitian dianalisis dengan menggunakan regresi sederhana dan
regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rata-rata, keterlibatan
siswa dalam belajar berada pada kategori tinggi, (2) kesejahteraan sekolah
(school well-being) dan kecerdasan emosi juga pada kategori tinggi, (3)
kontribusi kesejahteraan sekolah (school well being) terhadap keterlibatan siswa
dalam belajar sebesar 48,2%, (4) kontribusi kecerdasan emosi terhadap
keterlibatan siswa dalam belajar sebesar 57 %, dan (5) kontribusi kesejahteraan
sekolah (school well-being) dan kecerdasan emosi secara bersama-sama terhadap
keterlibatan siswa dalam belajar sebesar 62,1 %.
Implikasi hasil penelitian dapat digunakan sebagai dasar dalam
penyusunan program layanan bimbingan dan konseling untuk meningkatkan
keterlibatan siswa dalam belajar di SMP Negeri I Padang

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 21 Mar 2025 03:34
Last Modified: 21 Mar 2025 03:34
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4264

Actions (login required)

View Item
View Item